Hubungan antara Mutu Pelayanan IGD dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Ruang IGD RS Mitra Siaga Tegal

Agus Budianto, Siti Mardiyah, Ikawati Setyaningrum

Abstract


Latar belakang: Mutu pelayanan IGD adalah sikap professional yang memberikan perasaan nyaman, terlindungi pada diri setiap pasien yang berkunjung ke IGD dan sedang menjalani proses penyembuhan dimana sikap ini merupakan kompensasi sebagai pemberi layanan dan diharapkan menimbulkan perasaan puas pada diri pasien dan keluarga. Baik buruknya mutu pelayanan tergantung kepada penyedia pelayanan atau pihak rumah sakit dalam memenuhi harapan pasiennya secara konsisten. Bila kinerja sama dengan harapan maka keluarga pasien akan puas, bila kinerja melebihi harapan, keluarga pasien akan senang atau bahagia, namun bila kinerja lebih rendah dari pada harapan, maka keluarga pasien akan merasa tidak puas. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan yang terdiri dari lima dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, serta bukti langsung dengan kepuasan keluarga pasien di IGD Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal. Metode: Desain penelitian ini adalah survey analitik menggunakan pendekatan Cross sectional study dengan jumlah sampel 80 responden. Metode pengumpulan sampel purposive sampling. Teknik analisa uji statistik yang dipilih adalah uji chi square crosstabs. Hasil: Diperoleh hasil mutu pelayanan IGD dalam kategori cukup, dan kepuasan pasien didominasi cukup puas. Ada hubungan yang signifikan dari mutu pelayanan IGD dengan kepuasan keluarga pasien di Rumah Sakit Umum Mitra Siaga Tegal diperoleh nilai p-value= 0.000 (<0.05.). Simpulan: Mutu pelayanan yang semakin baik akan meningkatkan kepuasan keluarga pasien.

 

Kata kunci : IGD, Kepuasan, Mutu Pelayanan


Full Text:

Budianto et al.PDF

References


Anisa, N. (2017). Hubungan mutu pelayanan terhadap kepuaan pasien rawta inap kelas III di RS Tk. IV Madiun. Skripsi. STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Kolter,P. (2013). Manajemen Kualitas Pelayanan: Analisis, Perencanaan, Implementasi, Pengendalian. Edisi Ke Delapan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis, Edisi 3.

Butar-Butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 50-63.

Elon, Y., Malinti, E., Sihombing, R. M., Rukmi, D. K., Tandilangi, A. A., Rahmi, U., Damayanti, D., Manalu, N. V., Koerniawan, D., & Winahyu, K. M. (2021). Teori dan Model Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.

Hayasa, (2013). Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kamar obat di puskesmas Surabaya utara.

Otani, et al. (2015). How Patient Reaction to Hospital Care Atributes Affect the Evaluation of Overall Quality of Care, Willingness to Recomended, and Willingness to Return. Journal of Healthcare Management. 55(1), 25-38.

Naomi, P. (2017). Penerapan Manajemen Risiko Perusahaan dan Nilai Perusahaan di Sektor Konstruksi dan Properti. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 167-180.

Ryandini, T. P., & Hakim, L. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Asoka RSUD Dr. R. Koesma Tuban. ARTERI: Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 85-93.

Setiawan, A.C. (2018). Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III peserta BPJS di RSUD Kab. Magelang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v6i2.7848

Article Metrics

Abstract - 671 Budianto et al.PDF - 531

DOI (Budianto et al.PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v6i2.7848.g4114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agus Budianto

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118