Hubungan antara Pengetahuan tentang Menstruasi dan Kesiapan Menghadapi menarche pada Siswi Sekolah Dasar di Kota Tangerang Selatan

Azizah Al Ashri Nainar, Naziah Dwi Amalia, Lilis Komariyah

Abstract


Abstrak

Menstruasi merupakan perdarahan yang teratur dari uterus sebagai tanda bahwa organ kandungannya telah berfungsi dengan matang. Pada umumnya, remaja akan mengalami menarche pada usia 12 sampai dengan 16 tahun. Menstruasi menjadi hal yang penting bagi remaja perempuan karena dibutuhkan informasi yang sesuai untuk mendukung kesiapan mental remaja dalam menghadapi situasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche. Jenis penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional, dimana variabel independen dan dependennya diobservasi dalam satu waktu yang bersamaan. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan propotional startified random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 siswi. Dari penelitian ini didapatkan hasil analisis bivariat menggunakan tabel silang diketahui bahwa siswi dengan kesiapan baik lebih banyak terjadi pada siswi dengan pengetahuan baik (82,2%) dibandingkan siswi dengan pengetahuan tidak baik (31,7%). Hasil statistik menggunakan uji Chi-Square didapatkan ada hubungan tingkat pengetahuan tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche (P value = 0,000). Kesimpulan dalam penelitian ini diketahui bahwa semakin baik tingkat pengetahuan maka semakin siap siswi dalam menghadapi menarche. Saran, Dengan meningkatkan pengetahuan pada remaja maka siswi memahami dan siap menghadapi menstruasi

Kata Kunci: Kesiapan, menarche, menstruasi


Full Text:

Nainar dkk.PDF

References


Abadi, D.R., Dewi, A. P., dan Nurchayati, S. 2015. “Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Putri Dalam Menghadapi Menarche”. JOM, volume 2, No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekata

Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Azwar, S. 2012. Metode Penelitian. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Badan Pusat Statistik Kementerian Kesehatan, 2013, Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012 Kesehatan Reproduksi Remaja, Agustus. Jakarta. .

Fajriannor, M. 2018. “Hubungan Persepsi Anak Terhadap Peran Ibu dengan Tingkat Kecemasan Saat Menstruasi Pertama (Menarche) Pada remaja putri di kota banjarmasin”. Dinamika Kesehatan Anak, volume 9, No. 1.

Elon, Y., Malinti, E., Sihombing, R. M., Rukmi, D. K., Tandilangi, A. A., Rahmi, U., Damayanti, D., Manalu, N. V., Koerniawan, D., & Winahyu, K. M. (2021). Teori dan Model Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.

Fiane, D.F., Tingginehe, V.A., dan Setiawan, H. 2020. “Pengetahuan Tentang Menstruasi Berhubungan Dengan Kesiapan Mental Pra-Remaja Dalam Menjalani Menstruasi”. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, Volume 10 No 1, Hal 1 – 10.

KoranTangerang.com. 2018. Jumlah Remaja di Tangsel Bertambah Pesat, 24 November. Halaman 1. Tangerang Selatan.

Mukhoirotin, dan Qomari, P. N. 2017. “Pengaruh Pendidikan KesehatanTerhadap Pengetahuan Dan Kesiapan Dalam Menghadapi Menarche Di Min Rejoso Peterongan Jombang”. Jurnal EDUNursing, volume 1, No. 1.

Modjo. 2015, Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi dengan Kesiapan Remaja Putri Menghadapi Menarche, Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Negri, Gorontalo.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Nurwati, I., dan Erawantini, F. 2018. “Tingkat pengetahuan Menstruasi dalam menunjang Kesiapan siswi sd menghadapi Menarche”. Jurnal Kesehatan, 12 (2) 2019, 136-142.

Silalahi, L. E., Rahayu, D. Y. S., Winahyu, K. M., Dewi, S. U., Tasik, J. R., Kadang, Y., Rosita, R., Pangaribuan, S. M., Fruitasari, M. F., & Doloksaribu, T. M. (2022). Pengantar Keperawatan Keluarga. Yayasan Kita Menulis.

Siswojo. 2015, Hubungan Pengetahuan Siswi Kelas IV SD Tentang Menstruasi dengan Kesiapan Menghadapi Menarche, Karya Tulis Ilmiah, Keperawatan, Poltekkeskemenkes, kalimantan timur. Jurnal Husada Mahakam Volume IV No. 1 , Nopember 2015, hal. 1 - 71.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v7i1.9748

Article Metrics

Abstract - 306 Nainar dkk.PDF - 604

DOI (Nainar dkk.PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v7i1.9748.g4793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Azizah Al Ashri Nainar

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118