KLASIFIKASI GAYA BELAJAR PADA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C4.5

Suherman Suherman, Marlia Purnamasari, Arif Rahmatullah, Sunny Samsuni, Ahmad Kautsar

Abstract


Gaya belajar adalah cara individu untuk menyerap informasi. Dalam perguruan tinggi banyak kegiatan yang dibutuhkannya kemampuan dalam menyerap informasi seperti ketika dosen memberikan materi, sehingga gaya belajar perlu diperhatikan. Dalam penyampaian informai yang diberikan oleh dosen ditemukannya permasalahan dan kebutuhan terkait hal tersebut, yaitu belum tersedianya penentuan klasifikasi gaya belajar pada mahasiswa. Yang mana sekarang ini dosen mengalami kesulitan dalam memberikan penilaian pencapaian kemampuan terhadap mahasiswa berdasarkan kriteria dari gaya belajar dan mengklasifikasikannya, dan  juga untuk  meningkatkan kualitas metode pembelajaran. Adapun saran  yang diberikan untuk tercapainya  tujuan dan  mengatasi permasalahan tersebut yaitu dirancangnya  klasifikasi  gaya belajar pada mahasiswa dan pengolahan data yang dilakukan menggunakan komputer. Penelitian ini menggunakan metode Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 termasuk dalam klasifikasi berbasis Decision Tree, yang mana algoritma C4.5 merupakan metode yang dapat menangani fitur dengan tipe numerik. Hasil dari penelitian ini yaitu klasifikasi dengan mengimplementasikan Algoritma C4.5 yang dapat mengetahui kemampuan gaya belajar pada mahasiswa, berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, sehingga klasifikasi ini dapat semakin mudah, efektif, dan efisien. Manfaat dari hasil klasifikasi ini dapat membantu dosen mengetahui gaya belajar pada mahasiswa untuk dijadikan pertimbangan penilaian dan metode pembelajaran di kelas.


Full Text:

PDF

References


DePoter, Bobbi, M. H. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. kaifa PT. Mizan Pustaka.

Febriani, D., & Wahyusari, R. (2021). ( Studi Kasus : SMA N 2 Cepu ). 15(2).

Herdiansah, A., Sugiyani, Y., Fitriawati, N., & Cholid, H. N. (2023). Sistem Informasi Akademik Penilaian Hasil Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Menengah Pertama. JIKA (Jurnal Informatika), 7(3), 364–370. https://doi.org/10.31000/jika.v7i3.8838

Mata, P., Matematika, P., Azhari, D. Z., Damanik, I. S., & Suhendro, D. (2022). Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Klasifikasi Tingkat Pemahaman Siswa. 1(1), 11–20.

Munandar, T. A. (2019). Bahan Ajar Data Mining Dengan R Edisi Revisi 3.

Mustofa, H., Prasetyo, I. A., Supriadi, S., Prasetyo, R. H., Yasri, M., & . F. (2021). Metode Decision Tree Dalam Pemilihan Gaya Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. SAINTEK : Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi Industri, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.32524/saintek.v5i1.248

Nicholas Reinaldo, R., & Dwiasnati, S. (2023). Prediction of Customer Data Classification by Company Category Using Decision Tree Algorithm (Case Study: PT. Teknik Kreasi Solusindo). International Journal of Advanced Multidisciplinary, 2(2), 229–238. https://doi.org/10.38035/ijam.v2i2.285

OSCARIO, JASMIR, & YUDI. (2019). Penerapan Algoritma C4.5 untuk Mempredikasi Kecocokan Gaya Belajar Bagi Siswa Siswi Sekolah Dasar (Studi Kasus: SD SARIPUTRA Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kecocokan Gaya Belajar Bagi Siswa Siswi Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Sariputra Jambi). Jurnal Processor, 14(2), 141–152. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.637

Prashig, B. (2007). The Power of Learning Styles: Memacu Anak Melejitkan Prestasi dengan Mengenali Gaya Belajarnya. Miza.

Pratama, R. A., Kartika, K. P., & Chulkamdi. M. Taufik. (2022). Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Mengukur Kelayakan Media Transmisi Pembelajaran di TK. Lukmanul Hakim. September, 3448–3462.

Priyanti, E. (2023). Penerapan Decision Tree Pada Penentuan Waralaba. Swabumi, 11(1), 8–12. https://doi.org/10.31294/swabumi.v11i1.13911

Rahman, S. R., & . F. (2019). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jambura Edu Biosfer Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.34312/jebj.v1i1.2040

Ramadandi, S., & Jahring, J. (2020). Student Learning Style Classification Using Naïve Bayes Classifier Method. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 10(2), 170–179. https://doi.org/10.34010/jati.v10i2.3096

Rika, F., Pradini, R. S., & Rikatsih, N. (2023). Perancangan Prototipe Sistem Informasi Sekolah pada MTS Darul Manja. JIKA (Jurnal Informatika), 7(4), 423–430. https://doi.org/10.31000/jika.v7i4.8941

Rizki, N. A., Mumtaza, M., Dewi, C. F., Syahlafandi, D., Fendiyanto, P., Studi, P., Matematika, P., Mulawarman, U., & Timur, K. (2023). Implementasi Pohon Keputusan untuk Klasifikasi Cara Belajar Mahasiswa Mandiri dan Berkelompok Berdasarkan Sumber Belajarnya. 3, 101–106.

Sari, D. N., Oktavianto, H., & Saifudin, I. (2022). Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Algoritma C4.5 Application Of Data Mining For Student Learning Style Classification Using C4.5 Algorithm. Jurnal Smart Teknologi, 3(4), 2774–1702. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JST

Setio, P.B.N., D.R.S., & Winarno, B. (2020). Klasifikasi dengan Pohon Keputusan Berbasis Algoritme C4.5. PRISMA, Prosiding Seminar NAsional Matematika 3, 64–71.

Sudriyanto, Listrianti, F., & Jamal. (2022). Jurnal Kecerdasan Buatan , Komputasi dan Teknologi Informasi Implementasi Algoritma C4 . 5 Untuk Memprediksi Kesesuaian Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 65–72.

Yulia, D., Pandu Kusuma, A., & Fanny Hebrasianto Permadi, D. (2022). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Minat Penjurusan Siswa Di Smkn 1 Kademangan. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(2), 893–900. https://doi.org/10.36040/jati.v6i2.5781




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i1.10306

Article Metrics

Abstract - 243 PDF - 156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING