IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SEBLAK JONTOR

Yulani - yulani, Rudi Kurniawan, Yudhistira Arie Wijaya

Abstract


Perkembangan pesat dalam dunia bisnis, didorong oleh kemajuan teknologi informasi, memberikan tantangan besar bagi pengusaha dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Ketersediaan dan analisis barang yang dijual menjadi kunci penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Seblak sebagai salah satu kuliner populer di Indonesia,turut merasakan dampak persaingan yang semakin intens. Dalam kondisi pasar yang dinamis ini, pengetahuan mendalam mengenai perilaku konsumen menjadi kunci keberhasilan sebuah usaha. Masalah yang terjadi adalah persaingan bisnis, tidak ada stok bahan baku seblak terlaris, belum memahami pola pembelian dan tata letak yang kurang strategis. Dengan volume data yang besar, diperlukan pendekatan sistematis Penelitian ini memanfaatkan metode analisis data melalui penerapan Algoritma FP-Growth. Dalam proses FP-Growth, penelitian ini mengedepankan pada suatu ukuran tertentu untuk menentukan  aturan yang terbentuk, dengan menetapkan batasan Support minimum sebesar 20% dan Confidence minimum sebesar 20% ditemukan 9 aturan Asosiasi yang memberikan wawasan berharga tentang hubungan antar produk. Aturan dengan nilai Support tertinggi sebesar 9.4% menunjukkan bahwa pembelian Seblak Tulang sering diikuti dengan pembelian Seblak Original. Selain itu, aturan dengan Confidence tertinggi sebesar 3.92% mengindikasikan bahwa pelanggan yang membeli Seblak Enoki kemungkinan besar akan membeli Seblak Tulang. Kesimpulan ini memberikan gambaran holistik tentang pola pembelian konsumen seblak, memberikan pemahaman yang kuat untuk pengelolaan persediaan dan strategi pemasaran di Kedai Seblak Jontor.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D., Sanjaya, U. P., & Sa’ida, I. A. (2022). Analisis Penerapan Metode Association Rule Mining Untuk Transaksi Penjualan di Toko Bangunan Dengan Algoritma Apriori. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 5(2), 124–138.

Aquila, A., Pabendon, C., & Purnomo, H. D. (2023). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Penerapan Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Marke t Basket Analisis Pada Data Transaksi NonPromo. 7, 975–984.

Fakhriansyah, M., Fathimahhayti, L. D., & Gunawan, S. (2022). G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan. G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan, 6(2), 295–305.

Ferdiansyah, M., & Andriasari, S. (2023). Aplikasi Email Clinet Multi-Platform. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(1), 173–181.

Najmi, R. L., Irsyad, M., Insani, F., Nazir, A., & . P. (2023). Analisis Pola Asosiasi Data Transaksi Penjualan Minuman Menggunakan Algoritma FP-Growth dan Eclat. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 5(1), 0–7.

Pabutungan, G. J., & Purnomo, H. D. (2023). Analisa Market Basket Analysis untuk Melihat Pola Transaksi Customer Menggunakan Algoritma Apriori dan FP-Growth. Jurnal Media Informatika Budidarma, 7, 966–974.

Prahartiwi, L. I. (2022). Implementasi Algoritma Fp-Growth Untuk Menemukan Pola Pembelian Konsumen Pada Analisis Keranjang Pasar. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 7(1), 71–78.

Prasetyo, F., Hasugian, H., Informasi, F. T., Luhur, U. B., Mining, D., & Pembelian, P. (2023). Analisa Pola Pembelian Produk Makanan Menggunakan Algoritma FP-GROWTH untuk Strategi Penjualan. 7, 11–20.

Pratama Putra, I. B. I., & Eniyati, S. (2022). Analisis Pola Pembelian Konsumen pada Data Transaksi Penjualan Suku Cadang Mobil dengan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus: PT. Sun Star Motor Kudus). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 882.

Ramadhani, R. Z., Herdiansah, A., Mahpud, M., & Febriyanti, I. (2023). Pengembangan Sistem Point of Sales Berbasis Web pada Apotik Klinik Bidan Ningsih. JIKA (Jurnal Informatika), 7(4), 397–404. https://doi.org/10.31000/jika.v7i4.959

Maria, V., Pratama, A. N., Ginanjar, I., Nurachim, R. I., & Triansyah, J. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penjualan pada Toko Royal Ice Cream dengan Metode Rapid Application Development. JIKA (Jurnal Informatika), 7(4), 479–486. https://doi.org/10.31000/jika.v7i4.9602

Simanjuntak, H. E., & Windarto, W. (2020). Analisa Data Mining Menggunakan Frequent Pattern Growth pada Data Transaksi Penjualan PT Mora Telematika Indonesia untuk Rekomendasi Strategi Pemasaran Produk Internet. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(4), 914–923.

Soleh, P., Tholib, A., & Hidayat, M. N. F. (2022). Penerapan Data Mining Untuk Analisa Pola Pembelian Produk Menggunakan Algoritma Frequent Pattern – Growth. Rekayasa, 14(3), 456–460.

Syahputri, N. (2020). Penerapan Data Mining Asosiasi pada Pola Transaksi dengan Metode Apriori. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 4(2), 728–736.

Ulfa, L., & Rahmatullah, S, I. (2023). Analisa Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Fp-Growth Pada Nusa Ricebowl &Burger. JISAMAR (Journal of …, 7(2), 388–402.

Ünvan, Y. A. (2021). Market basket analysis with association rules. Communications in Statistics - Theory and Methods, 50(7), 1615–1628.

Wibowo, T. M., & Karyati, C. M. (2021). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan Produk (Studi kasus Toko Kanaya Rooftop Garden). Explore, 11(2), 127.

Wulandari, N. (2022). Market Basket Analysis Dalam Penentuan Paket Produk Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus: Pt. Catur Mitra Sejati Sentosa). JIKA (Jurnal Informatika), 6(1), 57. https://doi.org/10.31000/jika.v6i1.5439




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i1.10397

Article Metrics

Abstract - 133 PDF - 85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING