PENGEMBANGAN TUTOR VIRTUAL CHATBOT UNTUK MAHASISWA DENGAN INTEGRASI MOODLE

Henry Baharudin Yusuf, Arif Setiawan

Abstract


Penggunaan media pembelajaran mendukung pembelajaran mandiri mahasiswa, khususnya dengan penerapan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Pengembangan chatbot pembelajaran menjadi solusi yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dalam mata kuliah pemrograman berorientasi objek. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, dengan uji coba kelayakan aplikasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji Black Box mencapai 100% keabsahan; (2) Validasi ahli media dengan nilai Likert 88% dan Aiken’s V 0,77; (3) Validasi ahli materi dengan nilai Likert 90% dan Aiken’s V 0,86; (4) Skala Likert pada instrumen Self-Regulated Learning (SRL) mencapai 79,5% (Sangat Baik). Kesimpulannya, media pembelajaran BelajarMU dinilai “Sangat Baik” dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Afrianto, I., Irfan, M. F., & Atin, S. (2019). Aplikasi Chatbot Speak English Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 99–109. https://doi.org/10.34010/komputika.v8i2.2273

Arikunto, S. (2013). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Arun, K., Srinagesh, D. A., & Ganga, P. (2019). A Multi-Model And Ai-Based Collegebot Management System (Aicms) For Professional Engineering Colleges. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(9), 2910–2914. https://doi.org/10.35940/ijitee.I8818.078919

Arwita, W., Simatupang, Z., & Oktavianingsih, O. (2020). Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Berbasis 6 Tugas untuk Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.16749

Cucus, A., Endra, R. Y., & Naralita, T. (2019). CHATTER BOT UNTUK KONSULTASI AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 10(1). https://doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1214

Hasanah, L., Putri, M. A., Hanin, A. H., & Siregar, W. S. (2022). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Bagi Peserta Didik. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i2.33

Hidayati, S., & Anwar, S. (2019). PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(1), 53. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i1.P53-64.2774

Ivan Gunawan, Hadi Asnal, Muhammad Nur Cahyadi, & Zaki Mubarok G. (2022). Perancangan Chatbot untuk Layanan Informasi Sekolah (Studi Kasus SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 198–207. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.880

KOMINFO, P. (2023, January 2). Siaran Pers No. 10/HM/Kominfo/02/2023 tentang Indeks Literasi digital Tahun 2022 Meningkat, Kominfo Tetap Perhatikan Indeks Keamanan. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/47179/siaran-pers-no-10hmkominfo022023-tentang-indeks-literasi-digital-tahun-2022-meningkat-kominfo-tetap-perhatikan-indeks-keamanan/0/siaran_pers

Krisdiana, A., & Mardliyah, A. A. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN CHATBOT ACITA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(4), 52–56. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i4.257

Maulidiyanti, M., & Suciati, P. (2019). Chatbot : Inovasi Layanan Informasi Digital pada Humas Institusi Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1). https://doi.org/10.7454/jsht.v2i1.63

Sarosa, M., Kusumawardani, M., Suyono, A., & Sari, Z. (2020). Implementasi Chatbot Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Media Sosial. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 6(3), 317. https://doi.org/10.26418/jp.v6i3.43191

Suryana, R., Aryanto, M., Kurniawan, R., Satmata, K. S. G. P., Yulianti, Y., & Saifudin, A. (2022). Pengembangan Kecerdasan Buatan Whatsapp Chatbot untuk Mahasiswa. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 5(1), 37. https://doi.org/10.32493/jtsi.v5i1.15487

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1). https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Yona Sidratul Munti, N., & Asril Syaifuddin, D. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805.

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i4.12231

Article Metrics

Abstract - 23 PDF - 19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :