PENGEMBANGAN TUTOR VIRTUAL CHATBOT UNTUK MAHASISWA DENGAN INTEGRASI MOODLE
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afrianto, I., Irfan, M. F., & Atin, S. (2019). Aplikasi Chatbot Speak English Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 99–109. https://doi.org/10.34010/komputika.v8i2.2273
Arikunto, S. (2013). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Arun, K., Srinagesh, D. A., & Ganga, P. (2019). A Multi-Model And Ai-Based Collegebot Management System (Aicms) For Professional Engineering Colleges. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(9), 2910–2914. https://doi.org/10.35940/ijitee.I8818.078919
Arwita, W., Simatupang, Z., & Oktavianingsih, O. (2020). Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Berbasis 6 Tugas untuk Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.16749
Cucus, A., Endra, R. Y., & Naralita, T. (2019). CHATTER BOT UNTUK KONSULTASI AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 10(1). https://doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1214
Hasanah, L., Putri, M. A., Hanin, A. H., & Siregar, W. S. (2022). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Bagi Peserta Didik. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i2.33
Hidayati, S., & Anwar, S. (2019). PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(1), 53. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i1.P53-64.2774
Ivan Gunawan, Hadi Asnal, Muhammad Nur Cahyadi, & Zaki Mubarok G. (2022). Perancangan Chatbot untuk Layanan Informasi Sekolah (Studi Kasus SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 198–207. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.880
KOMINFO, P. (2023, January 2). Siaran Pers No. 10/HM/Kominfo/02/2023 tentang Indeks Literasi digital Tahun 2022 Meningkat, Kominfo Tetap Perhatikan Indeks Keamanan. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/47179/siaran-pers-no-10hmkominfo022023-tentang-indeks-literasi-digital-tahun-2022-meningkat-kominfo-tetap-perhatikan-indeks-keamanan/0/siaran_pers
Krisdiana, A., & Mardliyah, A. A. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN CHATBOT ACITA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(4), 52–56. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i4.257
Maulidiyanti, M., & Suciati, P. (2019). Chatbot : Inovasi Layanan Informasi Digital pada Humas Institusi Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1). https://doi.org/10.7454/jsht.v2i1.63
Sarosa, M., Kusumawardani, M., Suyono, A., & Sari, Z. (2020). Implementasi Chatbot Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Media Sosial. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 6(3), 317. https://doi.org/10.26418/jp.v6i3.43191
Suryana, R., Aryanto, M., Kurniawan, R., Satmata, K. S. G. P., Yulianti, Y., & Saifudin, A. (2022). Pengembangan Kecerdasan Buatan Whatsapp Chatbot untuk Mahasiswa. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 5(1), 37. https://doi.org/10.32493/jtsi.v5i1.15487
Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1). https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175
Yona Sidratul Munti, N., & Asril Syaifuddin, D. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805.
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i4.12231
Article Metrics
Abstract - 23 PDF - 19Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY :