APLIKASI EDUKASI GREEN ECONOMY UNTUK DESA WISATA BERBASIS MULTIMEDIA DAN AUGMENTED REALITY

Nurhasan Nugroho, Udin Suadma, Rizqi Fitrianti, Suhandi Suhandi

Abstract


Green Economy menjadi pendekatan penting dalam mencapai pembangunan berkelanjutan, terutama dalam pengelolaan desa wisata yang menggabungkan pertumbuhan ekonomi dengan pelestarian lingkungan. Desa Lontar, sebagai objek penelitian, memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata namun menghadapi tantangan terkait rendahnya pemahaman masyarakat terhadap konsep ekonomi hijau. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi edukasi mengenai konsep Green Economy dalam konteks pengembangan desa wisata, dengan memanfaatkan teknologi multimedia dan Augmented Reality (AR).  Untuk mengembangkan aplikasi edukasi ini digunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Aplikasi ini menyediakan fitur utama seperti materi edukasi Green Economy dan visualisasi AR dari objek wisata lokal. Hasil Evaluasi menggunakan uji usability, menghasilkan rata-rata skor kepuasan pengguna sebesar 89,17%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman pengguna terkait penerapan Green Economy, mendukung pertumbuhan desa wisata yang berkelanjutan, serta memberikan pengalaman pengguna yang baik. Aplikasi dapat menjadi sarana edukasi yang bermanfaat dalam mempromosikan keberlanjutan lingkungan di desa wisata.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I., Rahmanto, Y., Pratama, D., & Borman, R. I. (2021). Development of Augmented Reality Application for Introducing Tangible Cultural Heritages at The Lampung Museum Using The Multimedia Development Life Cycle. ILKOM Jurnal Ilmiah, 13(2), 187–194.

Andriall, S., & Nasir, M. (2023). Usability Testing Sistem Informasi Manajemen Kejaksaan Republik Indonesia (SIMKARI) di Kejaksaan Negeri PALI Shonda. Journal of Computer and Information Systems Ampera, 4(3), 126–140.

Andrianna, A. N. (2021). Peran Wirausaha Dalam Pengembangan UMKM dan Desa Wisata. Penerbit Lakeisha, 84.

Asyifa, N., Pratama, R. K., & Andjanie, I. F. (2023). Pendekatan Pariwisata Berbasis Masyarakat / Community Based Tourism (CBT) Di Desa Wisata Lamajang, Kabupaten Bandung. JUMPA: Jurnal Master Pariwisata, 10(1), 220–253.

Borman, R. I., Priandika, A. T., & Edison, A. R. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 8(3), 272–277.

Dalidjo, N. (2024). Desa wisata: Paradigma Pembangunan Alternatif Untuk Pariwisata Berkelanjutan. Insist Press.

Dewi, A. F., & Ikbal, M. (2022). Perancangan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 5(1), 179–186.

Dhingra, I. C. (2021). Green Economy: Opportunities and Challenges. Taylor & Francis.

Diputra, G. I. S. (2024). Penerapan Green Economy Pada Sektor Pariwisata di Bali. EKUILNOMI : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(2), 182–193.

Fernando, Y., Napianto, R., & Borman, R. I. (2022). Implementasi Algoritma Dempster-Shafer Theory Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Psikologis Gangguan Kontrol Impuls. Insearch: Information System Research Journal, 2(2), 46–54.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Respository LPPM Unila, 10, 1–8.

Noviarita, H., Kurniawan, M., & Nurmalia, G. (2022). Pengelolaan Desa Wisata Dengan Konsep Green Economy Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Desa Wisata Di Provinsi Lampung Dan Jawa Barat). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 25(2), 1–9.

Prayogi, P. A., Suthanaya, I. P. B., Komang, N. L., & Sari, J. P. (2022). Pengelolaan Desa Wisata Pengelipuran Dengan Konsep Green Economy Berbasis Masyarakat Lokal Di Era Pandemi Covid-19. JAMAS: Journal of Applied Management and Accounting Science, 3(2), 117–127.

Purwanto, I. H., Dewa, A. G., Haryoko, H., & Kurniawan, S. D. (2023). Implementasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran menggunakan Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ). Smart Comp, 12(1), 29–39.

Putra, R. R., Yasirandi, R., & Qusyairi, M. M. (2024). Evaluation of Travel App’s Usability Using the System Usability Scale Method. Scientific Journal of Informatics, 11(2), 439–450. https://doi.org/10.15294/sji.v11i2.4509

Rachma, A. F., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 01(08), 506–516.

Siregar, V. M. M., & Hanafia, M. A. (2023). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Edukasi Penerapan Konsep Green Economy Dalam Pengembangan Desa Wisata Sebagai Upaya Mewujudkan Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Jurnal TEKINKOM, 6(2), 339–348. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v6i2.950

Waritsman, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tentang Google Classroom Sebagai Kelas Online Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Perspektif, 16(2), 119–128.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i4.12474

Article Metrics

Abstract - 793 PDF - 435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :