IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PELAJARAN IPA di SMP 4 LILIRIAJA

Husain Husain, Herlinda herlinda

Abstract


Peserta didik perlu diberikan berbagai macam alternative media dalam pembelajaran, salah satu media yang pembelajaran yang mengalami perkembangan pesat adalah aplikasi berbasis augmented reality (AR).  Materi pelajaran IPA terkhusus pada proses metamorphosis katak memerlukan media ajar yang tepat sehingga dapat diserap siswa dengan baik. Penelitian  bertujuan  mengetahui pengaruh teknologi augmented reality dan tingkat keefektipan media AR tentang hasil belajar siswa di SMP 4 Liliriaja.  Pada Penelitian ini digunakan metode educational research & development., prosedur pengembangan 2 tahapan yaitu tahapan pertama pra pengembangan dan tahapan kedua pengembangan. Tahapan pra-pengembangan yaitu; identifikasi awal produk, mendesain seerta realisasi, sedangkan tahapan kedua dilakukan; testing, evaluasi dan revisi, pada tahapan ini fokus untuk 3 tahap uji yaitu tahap uji satu-satu (perseorangan), tahapan pengujian kelompok kecil serta tahapan  pengujian  lapangan (diperluas). Nilai pengujian yang dilakukan setelah pembelajaran sebelum menggunakan AR dan Setelah mengunakan AR dengan analisis uji t diperoleh hasil  t tabel 2,09 dan hasil t hitung 7,830. Karena hasil analisis t hitung > dari t tabel  menyebabkan H0 ditolakmaknanya ada pembeda hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan AR pada materi pelajaran metamorfosis untuk pelajaran IPA. Dengan demikian Model Augmented Reality memenuhi kriteria praktis berdasarkan indikator keterlaksanaan pembelajaran dan pendidik mampu mengelolah materi pembelajaran dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Arsy Febrina Dewi, M. I. (2022). Perancangan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Teknologi, 5 (1).

Astutik, L S., Diantoro, M., & Kusairi, S. (2020). Media Sistem Peredaran Darah Hewan dan Manusia Dilengkapi Augmented Reality Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5.

Daud, H. I. (2020). Metamorfosis Katak. PLP Ahli Pertama Laboratorium Biologi FMIPA UNM.

David Kristian Lado , Melati Rosanensi, In. Y. S. (2020). Media Pembelajaran Pengenalan Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Menggunakan Augmented Reality. Sasak: Desain Visual Dan Komunikasi, 2 no. 1.

Husain, Asmah Akhriana, Herlinda, Ahmad , Nurdiansah, R. P. W. T. (2022). Rekayasa tempat parkir kendaraan mobil berbasis teknologi informasi. PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 9 no. 2.

Indra Hiswara, Andy Dharmalau, D. C. G. (2022a). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Produk Menggunakan Software Unity 3d Dan Vuforia Berbasis Android. Jurnal Teknologi Technoscientia, 15 no. 1.

Indra Hiswara, Andy Dharmalau, D. C. G. (2022b). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D DAN VUFORIA BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi Technoscientia, 15 no 1.

Kevin Kindangen , Debby Paseru, M. S. (2020). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality “Metamorfosis Hewan. Jurnal Realtech, 16 no. 1.

Listia Nuraini, D. R. (2021). Pemanfataan teknologi Augmented reality untuk pengembangan bahan ajar materi computer jaringan. Jurnal Edukasi Elektro, 5 no. 2.

Muhammad Azra Fajriansyah, S. W. (2022). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran di Rumah yang Efektif tetapi Menarik. Jurnal Teknik Informatika Unis, 10 no. 2.

Pribadi, Benny A. dan Rosita, T. (2019). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Pendidikan.

Roji Anugrah kolopita, Zulfrianto Y. Lamasigi, R. P. (2023). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Monumen Bersejarah Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Banthayo Lo Computer, 2 no. 2.

Roni Wibowo, Rudi Hariyanto, A. A. W. (2020). Penerapan Augmented Reality Sebagai Pembelajaran Koneksi Jaringan. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2 no. 4.

Setiawan, A. H. (2021). Studi Terhadap Media Augmented Reality (Ar) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kd Memahami Jenis-Jenis Alat Berat. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7 no. 1.

Sugiono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (ed. 1). Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i4.12495

Article Metrics

Abstract - 398 PDF - 213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :