PEMANFAATAN FLUTTER DALAM PENGEMBANGAN SISTEM MEDIA INFORMASI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Syepry Maulana Husain, Arief Herdiansah, Dyas Yudi Prianggodo, Muhammad Jonni

Abstract


Program studi teknik informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) saat ini memiliki lebih dari 1000 mahasiswa dan lebih dari 70 dosen pengampu matakuliah. Untuk dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi aktifitas proses pembelajaran di prodi teknik informatika UMT, dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu tata kelola informasi berkaitan dengan kegiatan perkuliahan yang dijalankan mahasiswa dan Dosen UMT. Untuk dapat memenuhi kebutuhan diatas, peneliti mengembangkan dan mengimplementasikan sebuah aplikasi berbasis android yang dapat menampilkan dashboard berkaitan informasi yang dibutuhkan mahasiswa dan dosen prodi teknik informatika UMT, antara lain: informasi dosen pembimbing akademik, informasi mata kuliah, informasi jadwal sidang laporan kerja praktek dan skripsi dan informasi lainnya. Aplikasi dikembangkan berbasis android dengan memanfaatkan flutter yang merupakan toolkit UI Google untuk membangun sebuah aplikasi yang indah dan mudah dipahami pengguna.. Peneliti menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dengan pengujian black box. Dashboard sistem informasi yang dikembangkan telah dapat meningkatkan pelayanan penyediaan informasi perkuliahan bagi mahasiswa dan dosen program studi.

Full Text:

PDF

References


Aljohani, M., & Alam, T. (2016). Design an M-learning framework for smart learning in ad hoc network of Android devices. 2015 IEEE International Conference on Computational Intelligence and Computing Research, ICCIC 2015. https://doi.org/10.1109/ICCIC.2015.7435817

Anbunathan, R., & Basu, A. (2014). An event based test automation framework for Android mobiles. Proceedings of 2014 International Conference on Contemporary Computing and Informatics, IC3I 2014, 76–79. https://doi.org/10.1109/IC3I.2014.7019585

APJII. (2019). Mengawali Integritas Era Digital (Edisi 33 J). Buletin APJII Indonesia.

Dennis, A., Wixson, Haley, B., Roth, M. R. (2012). System Analyst and Design (5th edd). Don Fowley Publisher.

Firmansyah, Y., & Udi, U. (2017). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(1). https://doi.org/10.26905/jtmi.v4i1.1605

Gitzel, R., Turring, S., & Maczey, S. (2015). A Data Quality Dashboard for Reliability Data. IEEE 17th Conference on Business Informatics, 90–91.

Gounder, M., Iyer, V., & Al-Mazyad, A. (2016). A Survey on Business Intelligence tools for University Dashboard Development. IEEE - 3rd MEC International Conference on Big Data and Smart City, 1–7. https://doi.org/10.1109/ICBDSC.2016.7460347

Herdiansah, A. (2021). System Development for Learning Process Monitoring in Private Lesson Institution Using Codeigniter Framework. JISA (Jurnal Informatika Dan Sains), 04(01), 10–16.

Herdiansah, A., Nurnaningsih, D., & Rusdianto, H. (2022). Pemanfaatan Flutter Pada Pengembangan Aplikasi Mobile EBisnis Penyediaan Bahan Baku Bisnis Katering. Jurnal Teknoinfo, 16(2), 291–303. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1937

Ibrahim, M. R., & Kuswanto, H. (2022). Perancangan Aplikasi Pelayanan Kursus Mengemudi Menggunakan Metode Waterfall Pada LPK/LKP Indera Magelang Berbasis Web. JIKA (Jurnal Informatika), 6(3), 242–248. https://doi.org/10.31000/jika.v6i3.6121

Januarita, D., & Dirgahayu, T. (2015). Pengembangan Dashboard Information System (DIS). JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 7(2), 165. https://doi.org/10.20895/infotel.v7i2.44

Jogiyanto, H. (2017). Sustim Informasi manajemen (S. Nining, Ed.; 8th ed.). Universitas Terbuka.

Krisnada, E, F., & Tanone, R. (2019). Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile menggunakan Flutter. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi (JUTISI), 5(2), 281–295.

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Sutisna, Firmansyah, H., Sani, A., Hendarsyah, D., Adrianto, S., Darma, W. A., Herdiansah, A., Ariestiandy, D., Nurnaningsih, D., Setiawan, I., Wiyono, A. S., & Zaharah. (2021). Pengantar Teknologi Informasi (I. Kusumawati & M. Sari, Eds.; Ed.1). Insania.

Pamungkas, A. B. L., & Imrona, M. (2020). Analisa Perbandingan Kinerja Cross Platform Mobile Framework React Native dan Flutter. E-Proceeding of Engineering, 7(1), 2195–2203.

Permana, A. A., Perdana, A. T., & Ramadhan, Y. E. (2022). Mobile Educational Game of Animal Guess in Android Platform. JIKA (Jurnal Informatika), 6(3), 317. https://doi.org/10.31000/jika.v6i3.6811

PRESSMAN, R. (2015). Software Engineering: A Practitioner’s Approach (7th edition). The McGraw-Hill Company.

Rahmelina, L. (2017). Perancangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Sistem Operasi Di Stmik Indonesia Padang. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan, 11(2), 1–7.

Regita, A. P., & Rani, S. (2023). Gamifikasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak SMP Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Android. JIKA (Jurnal Informatika), 7(1), 117–124. https://doi.org/10.31000/jika.v7i1.7550

Rusdianto, H., Nurhayati, N., Aksani, M. L., & Rudianto, R. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Order Jasa Desain Grafis Menggunakan Metode Rapid Application Development. JIKA (Jurnal Informatika), 7(1), 104–111. https://doi.org/10.31000/jika.v7i1.7280

Sudaryono. (2015). Metodologi Riset di Bidang IT: Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus (Ed.1). Andi Offset.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methodes) (1st ed.). Alfabeta - Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v9i1.13403

Article Metrics

Abstract - 393 PDF - 291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :