RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REKAP JUMANTIK BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER

Putri Aprilia, Lala Nilawati

Abstract


Kelurahan Keagungan adalah salah satu unit kerja pada Instansi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satu kegiatan yang saat ini rutin berjalan, adalah pemantauan jentik nyamuk yang dilakukan oleh para kader Jumantik. Saat ini proses pencatatan rekap jumantik masih menggunakan sistem manual, yaitu dengan menggunakan media kertas yang berisikan format form tabel. Pencatatan data menggunakan media kertas masih ditemukan data yang keliru, dengan informasi yang diberikan oleh anggota kader jumantik. Sehingga sering terjadi kesalahan dalam merekap format laporan, dan terjadi keterlambatan dalam waktu pengumpulan. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem informasi yang diharapkan dapat memaksimalkan keakuratan informasi, serta penghematan waktu dalam pembuatan laporan. Sistem informasi rekap jumantik yang dibuat adalah berbasis mobile, dan dikembangkan menggunakan model System Development Life Cycles (SDLC) dengan metode sistem waterfall dan framewok flutter yaitu Dart serta SQL untuk databasenya. Sistem informasi rekap jumantik berbasis mobile yang dirancang, dibuat agar pemantauan dan dalam mengumpulkan laporan jumantik menjadi tepat waktu, cepat, rapih dan sudah terkomputerisasi. Selain itu, sistem informasi berbasis mobile ini sebagai peningkatan penggunaan teknologi yang khusus pada penggunaan smartphone, yang dimanfaatkan dalam melakukan kegiatan yang positif dan bernilai manfaat.

Full Text:

PDF

References


Aditya, M. D., & Susanty, M. (2022). Studi Komparasi Maintainability Antara Aplikasi yang Dikembangkan dengan Framework Flutter dan React Native. Jurnal Informatika, 9(2), 159–171. https://doi.org/10.31294/inf.v9i2.12885

Akbar, Y., Mulyana, D. I., Lestari, S., Noor, G. A., Amrullah, A. S., Tristhanaya, A., & Akbar, F. (2022). Aplikasi Mobile Pendataan Jumantik (Juru Pemantau Jentik) di Rt.005 Rw.001 Kelurahan Jatibening, Kota Bekasi. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 11(2), 131–141. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v11i2.3536

Al Rahma, A. Q., Afandi, M. I., & Arifiyanti, A. A. (2024). Rancang Bangun Multi-Platform Mobile Application Sistem Informasi Pendukung Program Merdeka Belajar. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3), 2365–2375. https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4753

Andrean, K., Armanto, H., & C, P. (2022). Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology. Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology, 22–29.

Andri, R., Saputri, N. A. O., & Akbar, M. (2020). Sistem Notifikasi Tugas Akhir Universitas Bina Darma Berbasis Mobile. Sistemasi, 9(1), 155. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.630

Andrianto, I., Dwiyansaputra, R., & Sutiyasning, S. (2021). Sistem Informasi Company Profile Kelurahan Pagesangan Berbasis Android. Jurnal Begawe Teknologi Informasi, 2(2), 182–190. Retrieved from https://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/543/122

Ardia, Z., & Rahmayani, S. (2021). Perancangan Dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Masjid Oman Al-Makmur Berbasis Web dan Android. Journal of Informatics and Computer Science, 4(1), 41–54. Retrieved from https://www.env.go.jp/policy/hakusyo/r03/pdf/full.pdf

Asworowati, R. D., Mustomi, D., Adawia, P. R., Suhendra, A. D., Natong, A., & Cahya Ningrum, M. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Gizar Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 542–549. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1059

Bhahri, L. E. S. (2021). E-Tourism Dalam Pengenalan Sektor Pariwisata Berbasis Android Di Kota Makassar Abstrak Abstrak. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 10(1), 94–106.

Duke, A. F., Krisnanda, M., Kainde, Q. C., Studi, P., & Informatika, T. (2020). Sistem Lapor Dini Bencana Kebakaran Berbasis Mobile di Kota Bitung. Jointer-Journal of Informatics …, 01(01), 12–16. Retrieved from http://jointer.id/index.php/jointer/article/view/6

Efendy, A. D., Kusuma, A. P., & Budiman, S. N. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hewan Langka Hionepedia Untuk Anak Sd Dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Flutter Framework. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(5), 3461–3468. https://doi.org/10.36040/jati.v7i5.7649

Hasani, M. I., Ilham, M. I., Firmansyah, M. D., & Sahria, Y. (2024). Penggunaan Teknologi Mobile Cross-Platform dalam Aplikasi Jurnal Sains Komputer Dan Sistem Informasi. Jurnal Sains Komputer Dan Sistem Informasi, 2, 90–96.

Herdiansah, A., Nurnaningsih, D., & Rusdianto, H. (2022). Pemanfaatan Flutter Pada Pengembangan Aplikasi Mobile Ebisnis Penyediaan Bahan Baku Bisnis Katering. Jurnal Teknoinfo, 16(2), 291. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1937

Karim, A. B., & Fachrie, M. (2024). Perancangan Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Mobile (Studi Kasus : Kabupaten Banjarnegara). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(1), 65–75. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i1.1101

Kurniawan, R., Rosiyadi, D., & Hardi, N. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Presensi Instruktur Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter Pada LKP Bright School Lampung Timur. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 5(2), 111–120.

Mulyana, M., & Indriani, I. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pesona Garut Berbasis Mobile di PT. Stige IT. Indonesian Journal Computer Science, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i2.2453

Nuraeni, F., Setiawan, R., Nurhakim, W., & Mubarok, M. S. (2022). Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Apps Sebagai Media Informasi Akademik Online. Jurnal Algoritma, 18(2), 358–366. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-2.951

Pratama, A. P., & Kamisutara, M. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Menggunakan Flutter Di Universitas Narotama Surabaya Mobile-Based Academic Information System Development Using Flutter At Narotama University Surabaya. Jurnal Ilmiah NERO, 6(2), 2021.

Sambani, E. B., Putra, Y. P., Sundari, S. S., & Fazrian, T. (2020). Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Di Kota Tasikmalaya Berbasis Mobile. Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, XII(2), 103–111.

Sinatria, M. B., Oman Komarudin, & Kamal Prihamdani. (2023). Penerapan Clean Architecture Dalam Membangun Aplikasi Berbasis Mobile Dengan Framework Google Flutter. INFOTECH Journal, 9(1), 132–146. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5237

Sopandi, A., Hannan, A. R., & Khotimah, H. (2024). Perancangan Aplikasi Mobile Menggunakan Framework Flutter Pada Sistem Informasi Akademik. JIKA (Jurnal of Informatics), 8(3), 304–310.

Sudradjat, B. (2021). Penggunaan Teknologi Flutter dalam Aplikasi Mobile untuk Pengembangan Kedai Kopi. Remik, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.33395/remik.v6i1.11123




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v9i2.13742

Article Metrics

Abstract - 620 PDF - 270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :