ANALISA USABILITY MODUL GUIDELINE WEBSITE LEGION DESIGN SYSTEM MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION

Raja Almas Ramadhani, Rangga Gelar Guntara, Muhammad Dzikri Ar-Ridlo, Asep Nuryadin

Abstract


Legion design system merupakan sebuah sistem desain yang dikembangkan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh tim produk digital Telkom Indonesia Tbk. Sistem ini dirancang untuk memastikan konsistensi, kualitas, serta pengalaman pengguna yang optimal di tengah perkembangan pesat merek dan produk digital. Penelitian ini merupakan yang dilakukan dalam rangka mengevaluasi dan memberikan saran perbaikan design User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada modul guideline Legion Design System. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Metode evaluasi website menggunakan Heuristic Evaluation. Hasil pengolahan data pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat 3 masalah usability pada modul guideline. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi beberapa perbaikan design guideline berdasarkan evaluasi usability yang dapat membantu meningkatkan usability modul guideline Legion, sehingga pengguna merasa nyaman dalam membaca modul guideline, pada Legion Design System.

Full Text:

PDF

References


Akwukwuma, V. V. N., Chete, F. O., Okpako, A. E., & Irabor, F. E. (2024). Improving User Interface Design and Efficiency Using Graphic Design and Animation Techniques. NIPES-Journal of Science and Technology Research, 6(3), 67–86.

Ardikayana, I. G., & Mailangkay, A. (2021). Aplikasi Pendidikan Lingkungan Dan Perancangan Budaya Jakarta Menggunakan UI dan UX Untuk Anak Usia 5-13 Tahun. Prosiding Seminar Nasional, 1, 190–199.

Ayuningtyas, A., Rahmawati, E. F., & Sagirani, T. (2023). Penerapan Metode Double Diamond pada Desain User Interface Website. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.31504/komunika.v11i1.4991

Google Material Design Team. (2014). Material Design Guidelines. https://m3.material.io/get-started

IBM Design Team. (2024). Carbon Design System. https://carbondesignsystem.com/

Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P. (2021). Analysis and Design of User Interface/User Experience With The Design Thinking Method In The Academic Information System of Jendal Soedirman University. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 17–26. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.30

MacDonald, D. (2019). Patterns in design systems. In Practical UI Patterns for Design Systems (pp. 143–192). Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-4938-3_4

Microsoft Design Team. (2017). Fluent Design System. https://fluent.microsoft.com/

Morane, K., & Gordon, K. (2023). How to Conduct a Heuristic Evaluation. Nielsen Norman Group, 1–6. https://www.nngroup.com/articles/how-to-conduct-a-heuristic-evaluation/

Nielsen, J. (1994a). Severity Ratings for Usability Problems. Nielsen Norman Group.

Nielsen, J. (1994b). Usability Engineering. Morgan Kaufmann.

Nielsen, J., & Molich, R. (1990). Heuristic evaluation of user interfaces. Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems Empowering People - CHI ’90, 249–256. https://doi.org/10.1145/97243.97281

Risaldi, D., Dalimunthe, N., Butar, F. S. B., Permana, J. H., Sari, N., & Hanas, S. A. (2022). Analisis User Interface pada Website Irase UIN Suska Riau dengan Metode Evaluasi Heuristik. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 87–94.

Rohmah, S., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2024). Figma: Website-based Interactive Learning Media to Train Understanding of The Concept of Plant Body Part Functions for Elementary Students. Primaryedu: Journal of Elementary Education, 8(1), 1–16.

Salesforce UX Team. (2024). Lightning Design System. https://lightningdesignsystem.com/

Sriyeni, Y., Mi’raj, M. I., & Veronica, M. (2022). Evaluasi Kualitas Aplikasi Smartkit Menggunakan Metode Usabilty Testing. Seminar Nasional CORIS 2022, 275–285.

Telkom Indonesia. (2024a, October 18). Legion Design System Telkom. Corporate Website. https://legion.telkom.design

Telkom Indonesia. (2024b, October 18). Legion Design System Telkom. Design System Application Web. https://legion.telkom.design

Telkom Indonesia. (2024c, October 21). Profile Telkom Indonesia. Telkom Indonesia. https://www.telkom.co.id/sites/profil-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22

Telkom Indonesia. (2024d, October 21). Purpose, Visi, Misi, Strategi dan Budaya Perusahaan. Telkom Indonesia. https://eppid.telkom.co.id/data/image_upload/page/1694572605109_BUMN%20menyediakan%20Rencana%20Strategis_%20Rencana%20Jangka%20Panjang%20Perusahaan%20(RJPP).pdf

Umam, F. K., Ramdani, F., & Wijoyo, S. H. (2021). Analisis Perbandingan Tiga Metode Evaluasi Usability Dalam Mencari Permasalahan Usability (Studi Kasus: Aplikasi Situbondo Tera’). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 514–522.

Wardhanie, A. P., & Rahmawati, E. (2022). Pengenalan dan Penerapan User Interface and User Experience Design for Beginners. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 2(3), 536–544. https://doi.org/10.53363/bw.v2i3.129

Yang, B., Xing, Z., Xia, X., Chen, C., Ye, D., & Li, S. (2021). UIS-Hunter: Detecting UI Design Smells in Android Apps. 2021 IEEE/ACM 43rd International Conference on Software Engineering: Companion Proceedings (ICSE-Companion), 89–92. https://doi.org/10.1109/ICSE-Companion52605.2021.00043




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v9i3.13796

Article Metrics

Abstract - 10 PDF - 4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :