SISTEM INFORMASI PELATIHAN GURU BERBASIS MOBILE PADA SD NEGERI CARINGIN 1 KABUPATEN TANGERANG

Ilham Surya Putra Pamungkas, Ri Sabti Septarini, Arief Herdiansah, Hengki Rusdianto, Syepry Maulana Husain

Abstract


Revolusi Industri 4.0 membawa perubahan besar di berbagai sektor, termasuk pendidikan, yang menuntut peningkatan kompetensi guru agar mampu menghadapi tantangan global dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). SD Negeri Caringin 1 Kabupaten Tangerang telah memulai program In House Training (IHT) sejak 2024 untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Namun, pelaksanaan IHT masih terbatas, hanya dua kali per semester, berdurasi satu hari, tanpa dokumentasi materi yang baik, serta tidak disertai sertifikat partisipasi. Hal ini menyebabkan efektivitas pelatihan rendah dan guru kesulitan mengakses ulang materi. Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem pelatihan berbasis mobile guna mengatasi permasalahan tersebut. Metode User Requirement System (URS) digunakan untuk menganalisis kebutuhan pengguna, sedangkan metode Prototype diterapkan dalam pengembangan sistem melalui lima tahap: communication, quick plan, modelling quick design, construction of prototype, dan development delivery and feedback. Hasilnya adalah sistem pelatihan yang mudah diakses, menyimpan dokumentasi materi, mendukung pembelajaran berkelanjutan, serta menyediakan pendaftaran yang sederhana. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pelatihan dan memperluas akses pengetahuan bagi guru di SD Negeri Caringin 1.

Full Text:

PDF

References


Anggreini, L., & Kurniawan, D. (2024). APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI APOTEK DI MASAMBA BERBASIS ANDROID Emelinda. 1(1), 10–23.

Ardiyansah, D., Pahlevi, O., & Santoso, T. (2021). Implementasi Metode Prototyping Pada Sistem Informasi Pengadaan Barang Cetakan Berbasis Web. Hexagon Jurnal Teknik Dan Sains, 2(2), 17–22. https://doi.org/10.36761/hexagon.v2i2.1083

Audah, Z. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 159. https://doi.org/10.30649/japk.v10i2.81

Choirunnisa, D. (2025). Manfaat Aplikasi Berbasis Android Dalam Mata Pelajaran IPAS ( Tinjauan Literatur Yang Komprehensif ). Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3, 481–490.

Firdausi, A. T., Prima Arhandi, P., Pribadi, F. A., Damayanti, R., Aqil, A., Informasi, T., & Malang, P. N. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran ERD Interaktif Pada SQLearn. JIP (Jurnal Informatika Polinema), 10, 471–477.

Ichsanuddin Abimanyu, Narulita, H., & Dwi Purwani, L. L. (2024). Kajian Outdoor Learning Proses dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Pustaka. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 25–33. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3197

Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3622

Rohimah, S. O., Kusuma, W. A., & Husna, R. (2021). Penggalian Karakteristik Pengguna Pada Fase Elisitasi Perangkat Lunak Menggunakan User Persona. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 4(1), 22–28. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v4i1.572

Romdona S, Junista S S, G. A. (2025). Teknik Pengumpulan Data. Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 3(1), 39–47.

Sabita, H., Herwanto, R., Syafitri, Y., & Prasetyo, B. D. (2022). Pengembangan Aplikasi Akreditasi Program Studi Berbasis Framework Django. Jurnal Informatika, 22(1), 33–37. https://doi.org/10.30873/ji.v22i1.3143

Sain, J. I., Teknologi, D., Santika, G. T., Hamdani, F., Putra, J. A., & Idifitiani, F. (2024). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE FOUNTAIN (STUDI KASUS : POSYANDU TUNAS MEKAR KELURAHAN LEMPEH). 2(1), 201–211.

Santoso, M. F. (2024). Implementation Of UI/UX Concepts And Techniques In Web Layout Design With Figma. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(2), 279–285. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i2.1223

Sudradjat, B. (2021). Penerapan Metode Prototype Sistem Informasi Peminjaman Ruang Meeting. Remik, 5(2), 11–15. https://doi.org/10.33395/remik.v5i2.10873

Tazkiyah, S., & Arifin, A. (2022). Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Teknologi Terpadu, 8(2), 72–78. https://doi.org/10.54914/jtt.v8i2.513

Wasilewski, K., & Zabierowski, W. (2021). A comparison of java, flutter and kotlin/native technologies for sensor data-driven applications. 21(10). https://doi.org/10.3390/s21103324




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v9i3.14409

Article Metrics

Abstract - 2 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :