KLASIFIKASI SENTIMEN ULASAN PRODUK SUNSCREEN PADA FEMALE DAILY MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES
Abstract
Perkembangan teknologi internet mendorong konsumen untuk lebih aktif membagikan pengalamannya melalui ulasan, salah satunya pada platform Female Daily. Ulasan produk tabir surya dari pengguna memberikan wawasan sentimen yang berharga. Namun, menganalisis data dalam skala besar secara manual tidaklah efektif. Studi ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan produk tabir surya menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier. Data dikumpulkan melalui web scraping, diikuti oleh pra-pemrosesan teks dan pelabelan sentimen menurut skor peringkat menjadi tiga kategori: sangat cocok, cocok, dan tidak cocok. Distribusi dalam distribusi kelas diatasi menggunakan teknik oversampling, dan data kemudian diubah menjadi format numerik dengan TF-IDF. Model dibor dengan algoritma Multinomial Naïve Bayes dan dievaluasi menggunakan matriks konfusi dengan metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model mencapai akurasi 83,33%, dengan presisi 0,84, recall 0,83, dan skor F1-score 0,83. Visualisasi WordCloud digunakan untuk mengidentifikasi kata-kata dominan di setiap kategori sentimen. Temuan ini menunjukkan efektivitas algoritma Naïve Bayes dalam mengklasifikasikan opini konsumen dengan baik dan menyoroti potensinya untuk mengembangkan sistem rekomendasi produk berbasis ulasan, serta untuk memahami persepsi konsumen dalam industri kecantikan.
Full Text:
PDFReferences
Agustian, A., Tukino, & Nurapriani, F. (2022). PENERAPAN ANALISIS SENTIMEN DAN NAIVE BAYES TERHADAP OPINI PENGGUNAAN KENDARAAN LISTRIK DI TWITTER. JURNAL TIKA, 7, 243–249.
Amalia, D., Hafid Totohendarto, M., Alam, S., & sitasi, C. (n.d.). Analisis Sentimen Produk Populer Moisturizer Pada Female Daily Menggunakan Metode Naive Bayes. Informatics for Educators and Professionals. Informatics for Educators And Professionals : Journal of Informatics, 8(2), 108–121.
Aziz, R., Fahrudin, T. M., Syaifullah, W., Saputra, J., Data, S., Komputer, I., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2024). Analisis Sentimen Kepuasan Pengguna OYO DiPlaystore Dengan Multinomial Naive Bayes dan Chi-square. JURNAL FASILKOM.
Dinda, M., Azzahra, M., Hafid, T., & Alam, S. (2023). ANALISIS SENTIMEN ULASAN PRODUK SERUM WAJAH PADA BEAUTY BRAND SOMETHINC MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 3). https://reviews.femaledaily.com/products/treatment/s
Fakhriza, F., Subekti, D., Winar Cahyo, P., Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, I., Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Jl Siliwangi Jl Ringroad Barat, U., Sawah, A., Sleman, K., & Istimewa Yogyakarta, D. (2025). OPTIMALISASI ALGORITMA RANDOM FOREST FEATURE SELECTION DAN HYPERPARAMETER TUNING KLASIFIKASI GENRE MUSIK. In JIKA (Vol. 9, Issue 1). https://www.kaggle.com/datasets/maharshipa
Gunawan, B., Sasty, H., #2, P., Esyudha, E., & #3, P. (2018). Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 4(2), 17–29. www.femaledaily.com
Halim Hasugian, A., Nanda Khairul Rijal, M., Responden, C., Kunci Huffman, K., & Pdf, D. (2025). ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI ALGORITMA HUFFMAN DAN DYNAMIC MARKOV COMPRESSION PADA FILE TEXT PDF. In JIKA (Vol. 9, Issue 1).
Khusnul, A., Manajemen, K., Keimigrasian, T., & Imigrasi, P. (2024). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN (TINJAUAN LITERATUR). In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 3).
Liberti Duarte Tavares, A., Nurraharjo, E., & Tri Lomba Juang No, J. (2023). ANALISIS SENTIMEN DAN KLASIFIKASI TWEET TERKAIT NAIKNYA KASUS OMICRON MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER. In Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika) (Vol. 6, Issue 1). http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jireISSN.2620-6900
Prasetya, R., Lia Hananto, A., & Novalia, E. (n.d.). Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Perbandingan Sentimen Ulasan Lazada dan Tokopedia. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi.
Rizqi, M., Rustiawan, A., & Prasetyaningrum, P. T. (2024). Analisis Sentimen Terhadap Klinik Natasha Skincare di Yogyakarta Dengan Metode Google Review. Journal of Information Technology Ampera, 5(1), 2774–2121. https://doi.org/10.51519/journalita.v5i1.556
Sari1, D. N., Adelia2, F., Rosdiana3, F., Butar4, B. B., & Hariyanto5, M. (2020). ANALISA SENTIMEN TERHADAP REVIEW PRODUK KECANTIKAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER. In JIKA: Vol. ISSN.
Suhadi, E., Kunci, K., Ekspor, B., & Analisis, S. (2025). ANALISIS SENTIMEN APLIKASI BISA EKSPOR PADA ULASAN PENGGUNA DI GOOGLE PLAY DENGAN NAÏVE BAYES. In JIKA (Vol. 9, Issue 1).
Zahirma, M. (2025). Analisis Sentimen terhadap Review Penggunaan Produk Sunscreen dengan menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi (Vol. 14, Issue 1). http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
Zidny, T. (2024). ANALISIS SENTIMEN ULASAN MIE GACOAN SOLO VETERAN DI GOOGLE MAPS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. In Analisis Sentimen Ulasan Mie Gacoan Solo Veteran…. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi (Vol. 6, Issue 3).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v9i3.14461
Article Metrics
Abstract - 2 PDF - 0Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY :
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |