DESIGN PROTOTYPE E-SERVICE UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN BISNIS UMKM PADA JENIS USAHA JASA LAUNDRY

Ri Sabti Septarini, Syepry Maulana Husain

Abstract


Dalam dunia bisnis, dampak postif  teknologi kini tidak hanya bisa dirasakan oleh bisnis skala besar. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dijalankan dengan melibatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam hal ini akan membuat usaha menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Contohnya Jasa laundry banyak sekali  ditemui terutama di daerah-daerah sekitar kampus atau pabrik. Jasa laundry yang ditawarkan juga sangat beragam, ada yang menggunakan sistem paket atau menggunakan jasa antar jemput cucian. Masalah yang sering dialami costumer adalah keterbatasan waktu mereka dalam melakukan laundry, segala sesuatu yang ingin instan dan cepat dalam proses laundry, dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi yang ada saat ini dengan dijembataninya internet, jika dimanfaatkan secara maksimal dapat meningkatkan nilai liberty laundry pada bisnis online, memudahkan aktivitas costumer dan memberikan kepuasaan costumer dengan bantuan media aplikasi web e-service laundry.

 

Kata Kunci: UMKM, Customer, Teknologi Informasi, Aplikasi Web, Laundry.


References


Alexander F.K. Sibero, 2011. Kitab Suci Web Programming, Yogyakarta : MediaKom.

Bin Ladjamudin, Al-Bahra, 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hassan H.S., Shehab. E, Peppard J. 2011. “Recent Advances In E-Service In ThePublic Sector: State-Of-The-Art And Future Trends”. Business Process Management Journal Vol. 17 No. 3.

Gordon B. Davis dan Margrethe H. Olson, 1984. Management Information System, Conceptual Fundations, Structure and i i. USA : Mc Graw-Hill

Kenneth E. Kendall dan Julie E. Kendal, 2006. Analisis dan Perancangan Sistem Edisi ke 5 Jilid I. Jakarta. Roger : PT. Index.

Ojasalo, Jukka. 2010. E-Service Quality: A Conceptual Model. Laurea University of Applied Sciences, Finland.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Arvind Malhotra (2005), “E-S-QUAL A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality,” Journal of Service Research, 7 (3), 213-33.

Uysal, H.Tezcan & Mehmet Selami Yildiz (2013), “Effect of Organizational Levels on Individual Service Quality in Health Service: A Research on Doctors”. İktisat İşletme ve Finans Dergisi. 28(329), pp.21-48.

Wolfinbarger, Mary, and Mary C. Gilly (2003), “Etailq: Dimensionalizing, Measuring and Predicting Etail Quality,” Journal of Retailing 79 (3), 183-98.Hassan H.S., Shehab. E, Peppard J. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i1.2031

Article Metrics

Abstract - 712 PDF (Bahasa Indonesia) - 1056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING