IMPLEMENTASI MANAJEMEN BANDWIDTH DAN FILTERING WEB ACCESS CONTROL MENGGUNAKAN METODE ADDRESS LIST

Bayu Prasetyo, Anggi Puspitasari, Raudah Nasution

Abstract


Abstrak, CV Cahaya Indo Alumunium menggunakan internet sebagai sarana untuk melakukan promosi, pemasaran, penjualan, dan komunikasi yang praktis kepada pelanggan maupun relasi kerja. Tetapi pada jaringan CV Cahaya Indo Alumunium belum menerapkan manajemen bandwidth dalam membagi koneksi internet kepada komputer karyawannya. Tanpa adanya manajemen bandwidth banyak komputer yang menggunakan internet secara tidak beraturan sehingga menyebabkan komputer yang lain tidak mendapat jatah bandwidth yang adil. Karena koneksi internet yang tidak merata, hal ini menyebabkan terganggunya operasional perusahaan, sehingga berdampak pada ruginya perusahaan baik dari material maupun manajerial. Belum adanya manajemen bandwidth pada CV Cahaya Indo Alumunium  diperparah dengan banyaknya staff dan karyawan yang menggunakan internet tidak untuk mengakses kebutuhan yang berhubungan dengan pekerjaan. Masih banyak staff dan karyawan yang menggunakan internet untuk mengakses situs-situs social media seperti facebook, twitter, maupun situs-situs lainnya yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan, membuat tidak efektifnya internet yang ada pada  CV Cahaya Indo Alumunium tersebut. Oleh sebab itu untuk memaksimalkan akses internet yang terdapat pada CV Cahaya Indo Alumunium diperlukan manajemen bandwidth dan filtering web access control. Dengan adanya manajemen bandwidth dan filtering  web access control diharapkan semua komputer dapat menggunakan internet dengan lancar dan stabil walaupun semua unit komputer menggunakan internet dalam waktu yang bersamaan serta dengan adanya manajemen bandwidth dan filtering  web access control diharapkan dapat meningkatkan produktifitas staff/karyawan dalam bekerja.

 

Kata Kunci: Manajemen Bandwidth , filtering, Web Access Control


References


. Arifin, Hasnul. 2011. Kitab Suci Jaringan Komputer dan Koneksi Internet. Yogyakarta: Mediakom.

. Fitriastuti, Fatsyahrina dan Dodi Prasetyo Utomo. 2014. Implementasi Bandwidth Management dan Firewall System Menggunakan Mikrotik OS 2.9.27. ISSN: 2088-3676. Yogyakarta: Jurnal Teknik. Vol 4 No. 1, April 2014.

. Kurnianto, Catur Andi dkk. 2013. Manajemen Bandwidth Menggunakan Delay Pools di Squid Proxy (Studi Kasus : SMAN 1 Sragen). ISSN: 2338-6313. Yogyakarta: Jurnal JARKOM. Volume 1 No. 1, Desember 2013: 57-65

. Kurniawan, Wiharsono. 2007. Computer Starter Guide Jaringan Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Madcoms. 2010. Panduan Lengkap Membangun Sistem Jaringan Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Riadi, Imam. 2010. Optimasi Bandwidth Menggunakan Traffic Shapping. Yogyakarta: Jurnal Informatika. Volume 4 No 1, Januari 2010: 374-382.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i2.2192

Article Metrics

Abstract - 1824 PDF (Bahasa Indonesia) - 1965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING