IMPLEMENTASI FRAMEWORK LARAVEL UNTUK E-VOTING PEMILIHAN KETUA OSIS PADA SMK CIKINI BERBASIS WEB

Muhammad Farhan, Asri Wahyuni

Abstract


Voting adalah suatu kegiatan untuk menentukan pendapat melalui suara terbanyak. Namun demikian, masih banyak organisasi OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang melakukan proses pengambilan data suara secara non-komputerisasi khusus nya pada pemilihan calon Ketua baru. Proses pemilihan yang masih dilakukan dengan cara tersebut menyebabkan beberapa permasalahan dan kendala, diantaranya yaitu pengolahan data administrasi yang memakan banyak waktu, informasi yang dihasilkan masih kurang akurat karena sering terjadi kesalahan dan tingkat kesulitannya cukup tinggi. Demikian halnya yang terjadi pada OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMK Cikini. Saat ini proses pemilihan calon ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) di sekolah tersebut masih menggunakan cara manual atau non-komputerisasi. Cara yang digunakan untuk pemilihan saat ini adalah dengan cara pencoblosan melalui tiap-tiap kelas. Akibat dari hal tersebut banyak kendala yang dihadapi oleh pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMK Cikini dalam urusan voting seperti pengolahan suara yang masuk, jumlah total suara pengumpulan surat suara dari tiap kelas yang memakan waktu cukup lama dan sering ditemukan data yang tidak konsisten karena masih menggunakan manualisasi. Disinilah  muncul kebutuhan akan E-Voting. E-Voting merupakan suatu web yang dapat membantu dalam hal pemungutan suara untuk calon Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)  SMK Cikini yang dapat memproses suara masuk, jumlah total suara dan menampilkan hasil dari pemungutan suara secara real time.

Full Text:

PDF

References


Choer Yusfar Ilhaqul, K. D. (n.d.). No Title. Jurnal Algoritma, 17–24.

Lestanti, S., & Susana, A. D. (2016). Jurnal Antivirus, Vol. 10, 10(2), 69–77.

Permana, A. A. (2016). Rancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Guru dan Pegawai SMP Negeri 45 Jakarta. JIKA (Jurnal Informatika) Vol. 1 No.2 2017 ISSN 2549 - 0710.

Ridwan, M., & Arifin, Z. (2016). Rancang Bangun E-Voting dengan menggunakan Keamanan Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) Berbasis WEB (Studi Kasus: Pemilihan Ketua BEM FMIPA), 11(2), 22–28.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal, 2(1), 6–12.

Wira, D., Putra, T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD, 7(1).

Zaen Mohammad Tufan Asri, P. R. (2018). Aplikasi Voting Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) pada MA Nurul Ihsan NW Tilawah Berbasis WEB, 1(2), 43–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v4i2.2631

Article Metrics

Abstract - 1586 PDF - 1162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING