Sistem Informasi Pengolahan Arsip Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap

Trio Rukito, Didit Suhartono, Nurfaizah Nurfaizah

Abstract


Hasil analisis masalah ditemukan banyak hal. Pengelolaan arsip dalam Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap masih banyak arsip yang diletakkan di lantai, hal ini menunjukan bahwa seiring berjalannya surat yang bertambah tidak ada jadwal penyingkiran atau pemusnahan sehingga tempat dan peralatan untuk menyimpan arsip tidak lagi mencukupi. Arsip yang disimpan sering tidak ditemukan kembali dengan cepat.Sistem yang dirancang diberikan pencarian data secara spesifik sehingga dapat melakukan pencarian arsip yang dibutuhkan dengan cepat, untuk mengunggah maupun mengunduh data arsip yang akan dibutuhkan kembali dapat dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke kantor. Hal ini memudahkan untuk staff dalam pemanfaatan dokumen digital dan kebutuhan arsip dalam suatu waktu kembali dibutuhkan.


Full Text:

PDF

References


Agustina Simangunsong, “Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web”, STMIK Pelita Nusantara Medan, 2018.

Atika Fitriani, “Rancang Bangun Sistem Administrasi Persuratan Digital Mobile pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar”, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016.

Dila Nurlila, “Sistem Informasi Manajemen Surat (Smart) pada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Lampung” Universitas Lampung,2017.

Madcoms. 2016. Pemrograman PHP dan MYSQL untuk Pemula. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Rosdiana Ahmad, “Pengelolaan Arsip Surat Masuk dan Arsip Surat Keluar berbasis Web di Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan”, Universitas Hasanuddin,2017.

Yonathan Liliek Prihartanto, “Sistem Informasi Manajemen Agenda Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Karanganyar” ,BPPT Karanganyar, 2011.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v4i3.3009

Article Metrics

Abstract - 1612 PDF - 1973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING