PENERAPAN MARKER-BASED AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA
Abstract
Dalam era perkembangan teknologi baru yang tidak ada hentinya. Salah satu bagian penting yang tidak boleh ketinggalan adalah pendidikan. Dan Augmented Reality merupakan salah satu dari banyak teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas media belajar dan mengajar. Dengan menggunakan marker-based AR media kita dapat menambahkan interaktifitas pada media belajar. Dengan memfokuskan pada bentuk implementasi markerbased AR, penelitian ini bermaksud mencoba bentuk buku infografis sebagai media penyimpanan target gambar atau marker. Dengan harapan memperkenalkan pembaca mengenai implementasi AR berbasis marker-based serta memperlihatkan kegunaan AR dalam bidang edukasi. Dan dalam pengembangan aplikasi ini penulis menemukan marker-based AR dapat memberikan informasi visual tambahan kepada pemakai dengan menampilkan objek secara 3 dimensi. Tidak hanya itu marker-based AR dibilang cukup mudah untuk dikembangkan.
Kata kunci : Augmented Reality, Edukasi, perkembangan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i1.3560
Article Metrics
Abstract - 957 PDF - 844Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY :