RANCANG BANGUN APLIKASI E-LIBRARY FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Syepry Maulana, Lukman Azhari, Rohmat Taufiq, Atika Rahma

Abstract


Aplikasi e-Library Fakultas Teknik adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membantu bagian Perpustakaan melakukan pengelolaan data dan transaksi pada Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. Aplikasi ini digunakan oleh petugas agar lebih mudah dalam melakukan pencatatan peminjaman dan pengembalian buku dalam memantau buku yang tersedia dan dipinjam. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan metode pengembangan sistem Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Rapid Application Development (RAD). Pembangunan aplikasi ini berupa aplikasi Android yang dapat diakses oleh anggota perpustakaan dan terhubung dengan aplikasi Website yang diakses oleh petugas perpustakaan. Aplikasi angroid dibangun menggunakan Bahasa pemrograman PHP dengan Framework Codeigniter dan aplikasi Android menggunakan Bahasa pemrograman Dart dengan Framework Flutter. Sedangkan dalam metode pengujian sistem menggunakan pengujian blackbox testing.

Kata kunci: Perpustakaan, Aplikasi e-Library, Android, RAD

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Dahlan. (2017). Merancang Aplikasi Perpustakaan Menggunakan SDLC. Medan: Penerbit Sefa Bumi Persada.

Apache Friends – Xampp Apache + MariaDB + PHP + Perl – 15 April 2020 - ht https://www.apachefriends.org/index.html

Arianto M.A, Munir Sirojul, Khotimah K. (2016). Analisis Dan Perancangan Representational State Tranfer (REST) Web Service Sistem Informasi Akademik STT Terpadu Nurul Fikri Menggunakan YII Framework. Jurnal Teknologi Terpadu Vol. 2, No. 2.

Bachtiar, Adam M. & Fakhrul, Firman N. (2018). Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan Java. Bandung: Penerbit Informatika.

Balsamiq Mockups – Senin, 12 Oktober 2020 - https://balsamiq.com/wireframes

Basuki, Sulistyo. (2014). Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Tekbuka.

Daqiqil, Ibnu. (2011). Framework CodeIgniter Sebuah Panduan dan Best Practice. eBook Kumpulan Tutorial Komputer.

Giza, Kay & Kahlert, Tobias. (2016). Visual Studio Code – Tips And Tricks -Vol.1. Jerman: Penerbit Microsoft.

Hakim. S. 2017. Rancang Bangun Dashboard Information System Tracer Alumni Pada Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Husain, S. M. 2014. Pemanfaatan Basic4android Dan Mysql Dalam Membangun Aplikasi Smartphone Untuk Memonitoring Prestasi Siswa Pada SMA AlMa'muniyah Tangerang. Skripsi. STMIK Raharja.

Juhara, Zamrony P. (2016). Panduan Lengkap Pemrograman ANDROID. Yogyakarta: CV. ANDI.

Jugiyanto, HM. (2014). Analisis dan desain sistem informasi : pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis Edisi III. Yogyakarta.

Kurniawan, Syahrizal. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Portal Alumni Berbasis Web Pada Smk Perintis 1 Sepatan Kabupaten Tangerang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Munawar, (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung : Penerbit Informatika.

Mustakini, Jogiyanto Hartono. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

MySQL Workbench – Senin, 12 Oktober 2020 - https://www.mysql.com/products/workbench/

Nurnaningsih, Desy, Rachmat Destriana, and Djamaludin Syahlan Mubaroq. "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR STUDI KASUS PADA CV SUMBER KARYA TEKNIK." JIKA (Jurnal Informatika) 3.2 (2019).

Pramana, H. W. 2012. Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Purnomo, Dwi. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi Vol.2. Malang: Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan.

Riman, Muhammad Rifki, 2014. Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Sekolah Dasar Negeri Kebayoran Lama Utara 13 Pagi Jakarta Selatan, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rinaldi, Reno, 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web pada SMP Muhammadiyah 4 Tangerang, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Rizky, S. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rosa, A.S., & M. Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Informatika

Sharma, Neeraj. (2010). Database Fundamentals Ideal for Application Developers and Administrators. Canada: IBM Corporation.

Simarmata, Janner. (2010). Perancangan Basis Data. Yogyakarta: CV. Andi Ofsset.

Sparx System – Enterprise Architect - Rabu, 10 April 2020 - https://sparxsystems.com.au/enterprise-architect/

Sumasno, Indra, 2019. Aplikasi E-Commerce Sistem Informasi Penjualan Rolling Door Berbasis RAD (Rapid Application Development), Skripsi, Universitas Raharja – Rabu, 1 Juli 2020 - http://widuri.raharja.info/index.php?title=SI1322476247#Elisitasi

Suwandi, Six Sigma Indonesia – SIPOC Analisys – Senin, 8 Juni 2020 - http://sixsigmaindonesia.com/sipoc-analysis/

Syaputra, Rizki & Wiraganda, Yusmi P. (2019). Happy Flutter – Membuat Aplikasi Android dan iOS dengan Mudah Menggunakan Flutter. Jakarta: Penerbit Udacoding

Venna, Farah C. 2019. Implementasi Steganografi Audio pada File Wav dengan Metode Redudant Pattern Ancoding (RPE) Berbasis Android. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Widuri Raharja, Elisitasi – Rabu, 22 Juli 2020 - https://widuri.raharja.info/index.php?title=Elisitasi

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yahya. V. 2019. Rancang Bangun Aplikasi Pusat Iinformasi Sekolah dengan Penerapan chatbot menggunakan AIML berbasis Android pada SMK Otomtif Al Husna Tangerang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Tangerang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v4i3.3652

Article Metrics

Abstract - 2866 PDF - 1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING