PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION UNTUK PEMILIHAN MITRA TERBAIK PADA PT MNG

Nurcholis Ali Sya'bana

Abstract


Mitra merupakan salah satu bagian yang memegang peranan yang sangat penting untuk berjalannya suatu perusahaan dalam melakukan proses produksi agar dapat menjadi barang sesuai kebutuhan. PT MUTIARA NUSANTARA GLOBALINDO (MNG) merupakan salah satu perusahan manufaktur yang bergerak di bidang garmen yang memiliki banyak mitra. Penilaian kinerja mitra merupakan salah satu kunci agar proses produksi bisa berjalan dengan maksimal. Masalah yang ada dalam penilaian kinerja mitra adalah masih kesulitan dalam menentukan mitra terbaik, karena kriteria yang digunakan dalam pemilihan mitra belum sesuai standar. Penilaian belum menggunakan metode yang tepat dalam penentuanya sehingga proses pengolahan datanya menjadi tidak objektif dan sering terjadi kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan mitra menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE). Penelitian ini menghasilkan nilai bobot pada kriteria Quality 41% Cost 29%, Delivery 16%, Capacity 8% dan Attitude 6%, dengan hasil uji konsistensi rasio sebesar 0,067. Sistem Pendukung Keputusan pemilihan mitra yang dirancang dapat membantu dalam melakukan penilaian mitra yang lebih mudah, cepat dan akurat. 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Pramudyo, C.S dan Purnomo, E.H. 2012. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Pemasok Nata De Coco dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Ilmiah Teknik Industri (JITI)UMS, 11(1)

Putri, L.S., Hidayat, N dan Suprapto. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mitra Jasa Pengiriman Barang menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) – Technique for Other Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) di Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi informasi dan Ilmu Komputer (JPTIIK), 3(2).

Mauidzoh, U dan Zabidi, Y. 2007. Perancangan Sistem Penilaian dan Seleksi Supplier Menggunakan Multikriteria. Jurnal Ilmiah Teknik Industri (JITI) UMS, 5(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i1.3665

Article Metrics

Abstract - 297 PDF - 401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING