Sistem Informasi Penerimaan Pegawai Pada PT.Sianyu Perkasa

Rama Saputra, Tuti Handayani, Rosdiana Rosdiana

Abstract


Tujuan utama dari proses penerimaan pegawai adalah untuk mendapatkan orang yang tepat pada penempatan yang tepat pula sehingga sesuai dengan kondisi dan kebutuhan organisasi atau perusahaan. Permasalahan yang dihadapi perusahaan dimulai dengan bagaimana menyajikan informasi yang dapat mempermudah bagian perekrutan tenaga kerja dalam menangani proses penerimaan pegawai. Penulis melakukan beberapa batasan antara lain sistem pendukung ini digunakan oleh HRD selaku bagian perekrutan tenaga kerja. Serta Sistem ini hanya digunakan sebagai proses penerimaan tenaga kerja di PT. Sianyu Perkasa. Model pengembangan sistem yang digunakan adalah model proses waterfall yang bersifat sistematis dan berurutan. Perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan XAMPP sebagai web server yang didukung dengan MySQL sebagai pengolah datanya. Beberapa hal yang didapat dari penelitian ini adalah sistem informasi ini dapat memudahkan penyajian informasi mengenai penerimaan pegawai yang diolah oleh bagian HRD. Serta sistem informasi ini mempermudah proses penyeleksian data calon pegawai dan pembuatan laporan. Saran yang dapat penulis sampaikan dalam penelitian ini adalah perlu adanya pelatihan penggunaan sistem informasi ini kepada bagian HRD dan sistem informasi dapat dikembangkan sesuai dengan perubahan kebutuhan perusahaan nantinya.


References


Arief, Herdiansah. 2020. “Sistem

Pendukung Keputusan Referensi Pemilihan Tujuan Jurusan Teknik Di Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII IPA Menggunakan Metode AHP”. Jurnal Matrik, vol. 19 no. 2 Mei 2020. Universitas Bumigora. pp 223-224.

H. Hariwijaya, Sukses Rekrutmen & Seleksi Karyawan. Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2017.

Pertiwi, D.,D and Taufiq, R. 2020. “Analisis dan Desain Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa di SMK Avicena Rajeg”, J. Tek. Inform. Univ. Muhammadiyah Tangerang. ISSN: 2549-

E. Saputra dan R. Wulan, “Analisis dan

Perancangan Sistem Informasi Undang- Undang Wakaf dalam Tata Kelola Lembaga Pendidikan Islam dan Hasil Belajar,” Jurnal String, vol. 1, no. 2, pp.

-222, 2016.

E. Sugiarto, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suaka Media. Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,

Yurindra. Software Engineering.

Yogyakarta: Deepublish, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i1.3873

Article Metrics

Abstract - 318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING