RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR

Muhammad Hery Santoso, Eko Dayu Anggara

Abstract


Pelayanan kesehatan merupakan salah satu tempat yang setiap hari di datangi oleh masyarakat umum. Mulai dari Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, untuk mengontrol kesehatan ataupun berobat. Serta ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan tenaga medis yang profesional di bidangnya masing-masing, mulai dari perawat maupun dokter itu sendiri. Letak geografis suatu tempat pelayanan kesehatan pun menjadi poin penting, dikarenakan pada kondisi tertentu orang cenderung berobat ke tempat pelayanan kesehatan yang lebih dekat. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang mempunyai tampilan yang mudah digunakan dan dimengerti oleh pengguna dalam mencari Tempat Pelayanan Kesehatan. Serta membuktikan aplikasi ini dapat berjalan dengan baik. Sedangkan metode yang digunakan adalah Waterfall dengan tahapan dimulai dari planning, analisis desain, coding dan testing. Di sebut waterfall karena cara kerjanya harus berurutan tahap demi tahap. Uji manfaat yang digunakan berdasar pada ULEA (useability, learnability, efficiency, dan acceptability). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi yang dikembangkan dapat berfungsi dan dapat digunakan sesuai dengan  tujuan penelitian.  Kata Kunci: Android, pelayanan kesehatan, puskesmas, metode waterfall, rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Dennis, A. dan Wixom, H. 2013. System Analysis and Design. 5th Edition. John Willey and Sons, Inc. England.

Jogiyanto, H.M. 2014. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. ANDI. Yogyakarta.

Kertawijaya, L., Septiana, R, dan Alimudin. 2021. Sistem Informasi Berbasis Web Penyewaan Wedding Organizer pada Doni Organizer. Jurnal Informatika dan Teknologi 4(1): 96-04.

Loudon, Kenneth. C., dan Loudon, J.P. 2012. Managament Information System. – Managing The Digital Firm. 12th Edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey.

Muryanto, J., Kumalasari, E., dan Andayati, D. 2014. Sistem Informasi mobile Berbasis Location Based Services (LBS) Untuk Penyedia Lokasi Layanan Kesehatan Di Yogyakarta. Jurnal SCRIPT 2(2) : 9-17.

Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. 31 Januari 2019. Jakarta.

Pressman, R. S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi). Edisi 7. ANDI. Yogyakarta.

Rasai, D.M., Sutanta, E., dan Hamzah, A. 2014. Sistem Informasi Pelayanan RUmah Sakit Pada Rumah Sakit Umum Chasan Boesoirie Maluku Utara Berbasis Client Server, Jurnal SCRIPT 2(2): 1-8.

Razaq, J.A., dan Jananto, A. 2014. Sistem Informasi Layanan Kesehatan Menggunakan Metode Location Based Service Di Kota Semarang. Jurnal DINAMIK 19(1) : 59-67.

Restuni, F. W. 2020. Pemanfaatan Puskesmas Di Indonesia (Analisis Data Indonesian Family Life Survey 2014). Skripsi. Universitas Sriwijaya. Palembang.

Safaat, N. 2012. Android, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Edisi Revisi. Informatika. Bandung.

________. 2013. Aplikasi Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Santoso, M.H., dan Jaka, S. 2020. Sistem Informasi Promosi Destinasi Wisata Berbasis Android, Jurnal Media Pratama 14(1) : 63-73.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

________. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i2.4295

Article Metrics

Abstract - 1002 PDF - 1076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING