Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Kegiatan dan Transparansi Keuangan Rukun Warga 04 Graha Mitra Citra Panongan

Hengki Rusdianto, Rachmat Destriana, Bayu Enggar Prastyawan

Abstract


Rukun Warga (RW) adalah lembaga masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah dengan masyarakat setempat untuk memberikan layanan kepada warga. Rukun Warga (RW) memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat berdasarkan kerjasama dan kekerabatan. Dalam memfasilitasi pelaksanaan pekerjaan pemerintahan dalam pembangunan dan masyarakat pedesaan atau perkotaan, dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) harus memberikan layanan yang baik bagi warga yang menciptakan masyarakat yang kondusif. Masyarakat membutuhkan layanan serta transparansi keuangan setiap saat, tetapi layanan hanya dapat diberikan kepada warga di siang hari atau pada hari libur saja karena Pengurus Rukun Warga (RW) memiliki kepentingan pribadi. Masalah-masalah ini dapat diatasi dengan membangun sistem informasi berbasis website yang mampu menjadi media komunikasi antara Warga dan Pengurus Rukun Warga (RW). Dalam hal ini penulis menggunakan bahasa Unified Modelling Language (UML) digunakan untuk menganalisis desain sistem yang akan dibuat, untuk pengujian dilakukan dengan menggunakan metode pengujian Black Box, serta MySql sebagai database dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP.


Full Text:

PDF

References


Abdul Hafiz Tanjung. (2011). Akuntansi, Transparansi, dan Akuntabilitas Keuangan Publik (Sebuah Tantangan).

Alim. (2013). Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi Offset.

James, A. O’Brien & George, M. M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Hutahaean, Jeperson. (2014). Konsep Sistem Imformasi. Yogyakarta: Deepublish.

Murad, Dina Fitria, Kusniawati. Nia, Asyanto. Agus. (2013). Aplikasi Intelligence Website Untuk Penunjang Laporan PAUD Pada Himpaudi Kota Tangerang. Jurnal CCIT. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Vol. 7, No. 1, September 2013.

Kustiyahningsih, Yeni dan Amanisa, Rosa devie. (2010). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL.Graha Ilmu. Yogyakarta.

Rosa, A. S. dan Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Obyek. Bandung: Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i1.4342

Article Metrics

Abstract - 405 PDF - 426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING