SISTEM INFORMASI E-LEARNING PADA SMA HUTAMA BERBASIS WEBSITE

Nia Nuraeni

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang penting dan diperlukan dalam kemajuan pengembangan potensi dan kecerdasan bagi generasi penerus bangsa. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk mengenyam pendidikan yang bagus dan berkualitas. Dari tahun 2019, Indonesia mendapatkan dampak dari penyebaran virus covid-19, tidak hanya di sektor pemerintahan, ekonomi dan keuangan, sektor pendidikan pun terkena dampak dari penyebaran virus tersebut. Dengan diterapkan nya protocol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan tentu saja menjadi masalah serius bagi para peserta didik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Begitu pula bagi siswa-siswi pada SMA Hutama yang mendapatkan dampak dari penyebaran virus tersebut. Proses pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah, akhirnya harus dibatasi karna penyebaran virus covid-19 tersebut. Untuk itu, dalam rangka tetap memberikan proses pembelajaran yang memadai dan bisa di jangkau dan diakses oleh siswa-siswi dimana dan kapan pun, maka penulis merancang sebuah sistem e-learning yang dapat digunakan khususnya bagi para peserta didik pada SMA Hutama

Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. PT Elex Media Komputindo.

Andriansyah, D. (2016). Sistem informasi pendaftaran event dengan PHP untuk panduan skripsi. Asfa Solution.

Anggareni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Andi Offset.

Hardiansyah, A. D., Nugrahaeni, D. C., Dewi, P., & Kom, M. (2020). Perancangan Basis Data Sistem Informasi Perwira Tugas Belajar (Sipatubel) Pada Kementerian Pertahanan. Senamika, 1(2), 222–233.

Hutasuhut, D. I. G., Ambiyar, A., Verawardina, U., Alfina, O., Ginting, E., & ... (2021). E-Learning Pembelajaran Ilustrasi Menggunakan Metode Iconix Process. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 29–38.

I Putu Yoga Indrawan, & Nugraha, P. G. S. C. (2020). Rancangan dan Implementasi Sistem E-Learning Berbasis Web. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 367–374.

Jayanti, Dewi Ari, N. K., Sumiari, & Kdek, N. (2018). Teori Basis Data. Andi Offset.

Komarudin, R. T. (2017). Penerapan sistem e-Learning dalam proses pembelajaran siswa. Jurnal Bianglala Informatika, 5(2), 57–65.

Mulyani, S. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language. Abdi Sistematika.

Nafiudin. (2019). Sistem Informasi Manajemen. Qiara Media.

Rosa, A. ., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Sahyar. (2016). Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Matlab (Matrix Laboratory). Kencana.

Sugiyono. (2015). Metod Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Yurindra. (2017). Software Engineering. DeePublish




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v6i1.5418

Article Metrics

Abstract - 571 PDF - 395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING