Market Basket Analysis Dalam Penentuan Paket Produk Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus: Pt. Catur Mitra Sejati Sentosa)

Novi Wulandari

Abstract


Permasalahan target penjualan mengakibatkan PT Catur Mitra Sejati Santosa mencari solusi untuk meningkatkan target yang belakangan tidak tercapai. Analisis Keranjang Belanja dapat membantu pihak dalam mencapai target penjualan dengan melakukan promosi paket produk berpasangan. Metode FP-Growth digunakan untuk membantu memecahkan permasalahan Market Basket analysis. Dalam penelitian, dengan menentukan minimum support dan nilai confidence, ditemukan 12 rules produk yang dapat dipasangkan. Dengan model yang dibangun, didapatkan nilai confidence tertinggi sebesar 0.672. Nilai lift ratio tertinggi yang didapatkan sebesar 9.686).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v6i1.5439

Article Metrics

Abstract - 612 PDF - 548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING