PENGEMBANGAN APLIKASI BAHASA ISYARAT INDONESIA BERBASIS REALTIME VIDEO MENGGUNAKAN MODEL MACHINE LEARNING

Al Muhtadi Ambarak, Achmad Zakki Falani

Abstract


Manusia dapat dengan mudah mengenali benda disekelilingnya hanya dengan melihat saja, tentunya setelah diketahui nama atau label dari benda itu melalui proses belajar dalam kegiatan sehari-hari. Hal inilah yang mendasari dirumuskannya tahapan-tahapan mengenai bagaimana sistem dalam komputer dapat mengenali benda yang dilihatnya melalui input yang diberikan. Artificial Intelligence (AI) memiliki peran besar dalam pengembangan aplikasi ini agar aplikasi menghasilkan output yang di inginkan. Bahasa isyarat biasa digunakan oleh kelompok tuli untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya, tapi tidak semua orang mengerti bahasa isyarat. Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dipilih dalam pengembangan kali ini karena selain lebih mudah dipahami oleh kelompok kelompok dengar juga lebih disukai oleh kelompok tuli. Pembuatan aplikasi didahului dengan pengumpulan data, data yang digunakan adalah gambar yang berisi gerakan bahasa isyarat yang diambil dari internet. Pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk membantu kelompok tuli berkomunkasi dengan lingkungannya atau sebaliknya.

Full Text:

PDF

References


Abror, Khozin. 2013. “PERSEPSI PEMUSTAKA TENTANG KINERJA PUSTAKAWAN PADA LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN.”

Aeniah, Apip Supiandi, Irwan Tanu Kusnadi, dan Rina Riniawati. 2020. “Pengembangan Aplikasi Interaktif Bahasa Isyarat Indonesia Berbasis Android.” Jurnal Informatika (JURIN) 3(2):1–10.

B, A. Asni, Amin, dan Mayda Waruni K. 2021. “Penerapan Metode Yolo Object Detection V1 Terhadap Proses Pendeteksian Jenis Kendaraan Di Parkiran.” JTE UNIBA 6(1):1–6.

Borman, Rohmat Indra, Bentar Priopradono, dan Abdul Rahman Syah. 2017. “Klasifikasi Objek Kode Tangan Pada Pengenalan Isyarat Alphabet Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo).” Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya (SNIA) 1–4.

Gumilar, Gugum, Eka Wahyu Hidayat, dan Andi Nur Rachman. 2021. “Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Berbasis Android Untuk Siswa Penyandang Tuna Rungu.” Scientific Articles of Informatics Students 1–10.

Hasma, Yunita Aulia, dan Widya Silfianti. 2018. “IMPLEMENTASI DEEP LEARNING MENGGUNAKAN FRAMEWORK TENSORFLOW DENGAN METODE FASTER REGIONAL CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK UNTUK PENDETEKSIAN JERAWAT.” Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa 23(2):1–14.

Liesnaningsih, Liesnaningsih, Dian Kasoni, dan Djamaludin Djamaludin. 2022. “Prototype Robot Penyemprot Disinfektan Dengan Metode Research And Development.” JIKA (Jurnal Informatika) 6(2):135. doi: 10.31000/jika.v6i2.5914.

Lubis, M. Sobron Yamin. 2021. “IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SYSTEM MANUFAKTUR TERPADU.” SEMNASTEK UISU 1–7.

Mahmud, Kamal Hasan, Adiwijaya, dan Said al Faraby. 2019. “Klasifikasi Citra Multi-Kelas Menggunakan Convolutional Neural Network.” E-Proceeding of Engineer 1–10.

Nugroho, Hardiman, dan Ani Yoraeni. 2022. “Rule Based Expert System Untuk Program Latihan Fitness.” JIKA (Jurnal Informatika) 6(2):119. doi: 10.31000/jika.v6i2.5084.

Nurofik, Agus, Elsy Rahajeng, Novi Yona Sidratul Munti, Sutisna, Hamdan Firmansyah, Amar Sani, Decky Hendarsyah, Sukri Adrianto, Wawang Adi Darma, Arief Herdiansah, Deny Ariestiandy, Desi Nurnaningsih, Iwan Setiawan, Adrianto Sugiarto Wiyono, dan Zaharah. 2021. Pengantar Teknologi Informasi. Ed.1. disunting oleh I. Kusumawati dan M. Sari. Crebon: Insania.

Permana, Angga Aditya, Analekta Tiara Perdana, dan Yanuardi Eka Ramadhan. 2022. “Mobile Educational Game of Animal Guess in Android Platform.” JIKA (Jurnal Informatika) 6(3):317–23. doi: 10.31000/jika.v6i3.6811.

Ramadhan, Glenn, Jansen Wiratama, dan Angga Aditya Permana. 2022. “Development of Virtual Painting Method Using OpenCV Library with Finger Gesture on Online Learning Platform.” JIKA (Jurnal Informatika) 6(3):332–41. doi: 10.31000/jika.v6i3.6875.

Syariah Rosita Dewi. 2018. “Deep Learning Object Detection Pada Video Menggunakan Tensorflow Dan Convolutional Neural Network.” Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Wantania, Beatrix B. M., Sherwin R. U. A. Sompie, dan Feisy D. Kambey. 2020. “Penerapan Pendeteksian Manusia Dan Objek Dalam Keranjang Belanja Pada Antrian Di Kasir.” Jurnal Teknik Informatika 15(2):1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i1.7277

Article Metrics

Abstract - 1348 PDF - 1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING