PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK PENENTUAN SISWA BERRESTASI PADA MTS NU MIFTAHUL FALAH KUDUS

Muhammad Savra Agus Tiyo, Nanik Susanti, Supriyono Supriyono

Abstract


Prestasi belajar siswa adalah pencapaian siswa dengan mempertimbangkan pengetahuan, pengalaman dan latihan, keterampilan dan sikap yang dijalani masing-masing. Namun saat ini dalam penentuan siswa berprestasi di MTS NU Miftahul Falah hanya berdasarkan dari nilai akademik saja. Dimana untuk penentuan siswa berprestasi, pihak sekolah masih menggunakan proses manual yang relatif lama, dengan mencatat data seleksi siswa berprestasi di dalam buku induk administrasi tata usaha. Dengan permasalahan tersebut, maka penulis memberikan solusi “Penerapan Metode Profile Matching Penentuan Siswa Berprestasi MTS NU Miftahul Falah Kudus”. Penelitian ini, memiliki tujuan dalam penerapan profile matching sebagai salah satu pendukung keputusan dalam menentukan siswa berprestasi. Pada metode profile matching, penilaian dilakukan berdasarkan nilai akademik, karya siswa, kemampuan bahasa inggris dan ekstrakurikuler. Hasil akhir metode profile matching berupa perangkingan untuk terpilih sebagai siswa berprestasi. Penelitian ini memberikan sebuah hasil berupa sistem berbasis website dibuat dengan Waterfall sebagai metode pengembangan sistem, PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL sebagai database, dan metode pengujian Black Box. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam menentukan siswa berprestasi

Full Text:

PDF

References


Amri, Irman, and Afif Praseto Aji. 2018. “Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Agile Di SMK Modellink Kabupaten Sorong.” Jurnal Teknik Informasi Dan Keamanan 4(2):51–57.

Apriana, Veti. 2019. “Penerapan Profile Matching Untuk Menentukan Pemberian Beasiswa Pada Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Mantik Penusa 3(1):15–21.

APRIYANI, DWI DANI. 2021. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Profile Matching.” Faktor Exacta 14(1):44. doi: 10.30998/faktorexacta.v14i1.9057.

Dahriansah, Andri Nata, and Indra Ramadona Harahap. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada Aliyah Aras Kabu Agung Tanjungbalai Menggunakan Metode AHP.” 3(1):86–95.

Diana. 2018. Metode & Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.

Fahmi, Zulfahmi, and Faradika Dika. 2019. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi; Metode Profile Matching.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 1(1):30–37. doi: 10.47233/jteksis.v1i1.4.

Ferdiansyah, Devy. 2018. “Penerapan Konsep Model View Controller Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Klinik Kesehatan Berbasis Web.” Jurnal Kajian Ilmiah 18(2):195. doi: 10.31599/jki.v18i2.289.

Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisa Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Ismaya, Nina, Akhmad Khanif Zyen, 2022. “PENENTUAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING DI SMP TAKHASSUS AL QUR ’ AN.” 1(1):64–68.

Kristanto, Andri. 2018. Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media.

Latif, Lita Asyriati, Mohamad Jamil, and Said HI Abbas. 2018. Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori Dan Implementasi. Deepublish.

Sukamto, Rosa Ariani, and M. Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

Susanto, Ahmad. 2018. BIMBINGAN Dan KONSELING Di Sekolah (Konsep, Teori, Dan Aplikasinya). Jakarta: Prenadamedia Group.

Tristianto, Chrisantus. 2018. “Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan.” Jurnal Teknologi Informasi ESIT, Vol. XII No.01.

Tutiasri, Ririn Puspita, Wahyu Santoso, and Aulia Rahmawati. 2021. “Pemanfaatan Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Di Daerah Pedesaan.” Jurnal Ilmu Komunikasi 11(1):79–92. doi: 10.15642/jik.2021.11.1.79-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i2.7480

Article Metrics

Abstract - 185 PDF - 220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING