SISTEM INFORMASI PENJUALAN LAPTOP BERBASIS WOOCOMMERCE (STUDI KASUS PT. PORTALBIZ NUSANTARA)

Ari Julianto, Iedam Fardian Anshori

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai penerapan metode waterfall pada perancangan sebuah sistem informasi penjualan laptop berbasis woocoomerce. Studi kasus yang digunakan penelitian ini yaitu perusahaan PT Portalbiz Nusantara. Proses penjualan laptop pada perusahaan ini masih menggunakan sistem tradisional via whatsapp yang membuat pencatatan pesanan dan juga produk yang kurang efektif untuk penjualan laptop. Maka dari itu peneliti merancang sebuah sistem informasi berbasis woocommerce guna memudahkan proses pembuatan atau pengubahan halaman website dan pengaturan penjualan. Pemodelan aplikasi menggunakan metode UML berupa use case diagram, activity diagram, diagram konteks, & ERD. Dalam pembuatan E-commerce kali ini penulis melakukan pengujian sistem dengan dua cara pengujian yaitu white box & black box testing. Hasil dari penelitian ini dihasilkan sebuah aplikasi e-commerce berbasis web yang memudahkan transaksi penjualan dan pemasaran laptop. Alhasil aplikasi e-commerce ini memberikan kemudahan bagi PT Portalbiz Nusantara untuk memperluas jangkauan pasar, tetapi aplikasi ini hanya bisa diakses jika tersambung dengan internet. Dengan adanya e-commerce ini dapat mempermudah admin untuk membuat halaman baru, produk baru, dan memproses pesanan baru dan bagi konsumen untuk kemudahan dalam transaksi pembelian laptop

Full Text:

PDF

References


Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). RESUME: INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA.

Ardiyasa, I. W., & Wibawa, I. P. C. (2018). Pembuatan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web pada UMKM Kopi UD. Arta Merta Banjar Badingkayu Desa Pengeragoan, Jembrana. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 67–71. https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/108

Ardiyasa, I. W., & Wibawa, I. P. C. (2019). Pembuatan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web pada UMKM Kopi UD. Arta Merta Banjar Badingkayu Desa Pengeragoan, Jembrana. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 67–71. https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/108

Aulia, R., & Kurniadi, D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Koperasi Pegawai Smk Negeri 2 Payakumbuh. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 71. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104262

Hermiati, R., Asnawati, A., & Kanedi, I. (2021). PEMBUATAN E-COMMERCE PADA RAJA KOMPUTER MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 17(1). https://doi.org/10.37676/JMI.V17I1.1317

Mauliana, P., Wiguna, W., & Permana, A. Y. (2020). Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama. Jurnal Responsif : Riset Sains Dan Informatika, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.51977/JTI.V2I1.158

Rahmansyah, A., & Susanti, S. (2021). Implementasi Authorized Service Center Management System Berbasis Web di CV Next Solution. Jurnal Infortech, 3(2), 145–151. https://doi.org/10.31294/INFORTECH.V3I2.11728

Rizaldi, T. (2019). Penerapan E-Commerce Berbasis Seo Dan Cms Sebagai Solusi Pemasaran Dan Manajemen Pada Industri Kreatif Bidang Robotika. In Prosiding (pp. 247–251). https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1737%0Ahttps://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/download/1737/1082

Saefudin, M. (2018). Perancangan E-Commerce Penjualan Buku Online Menggunakan WP WooCommerce dan Smartphone Android. Jurnal Ilmiah Komputasi, 17(1). https://doi.org/10.32409/jikstik.17.1.2344

Said, I. N., & Iskandar, D. D. (2020). Entrepreneurship Monitor ( GEM ) mengenai minat berwirausaha di Indonesia juga menunjukkan kecenderungan minat. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 201–211.

Sakdiyah, L., Effendi, R., & Kustono, A. S. (2019). Analisis Penerimaan Penggunaan E-Learning dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 120. https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11151

Setiawan, A., Setyasih, R. D., & Hosana, L. J. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA SISTEM PEMBAYARAN TRANSPORTASI ONLINE : THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB). Monex: Journal of Accounting Research, 9(1), 30–37. https://doi.org/10.30591/MONEX.V9I1.1640

Violita Aprilian, L., Harry, M., & Helmi Setyawan, M. Y. (2020). Memahami Metode Omax dan Promethee pada Sistem Pendukung Keputusan. In CV. Kreatif Industri Nusantara. https://books.google.com/books/about/Memahami_Metode_Omax_dan_Promethee_pada.html?hl=id&id=tIr9DwAAQBAJ

Zafwilayudha, B., & Susanti, S. (2021). Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Website Pada PD.Awan. E-Prosiding Sistem Informasi, 2, 103–110.

Zuhri, S., Marthasari, G. I., & Azhar, Y. (2020). Otomatisasi Transaksi Toko Online Berbasis Woocommerce Menggunakan Bot Telegram. Jurnal Repositor, 2(6), 717. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i6.597




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i2.7640

Article Metrics

Abstract - 527 PDF - 329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING