GAME MAINMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMBELAJARAN BERHITUNG ANAK

Bonitalia Bonitalia, sri khaerawati nur, Supardi Ngareng

Abstract


Perkembangan game berkembang pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Industri pengembangan game juga telah berkembang menjadi industri yang menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya perusahaan proses pembelajaran dengan konsep “bermain sambil belajar”. Bagi sebagian anak, kata "belajar" sangat menakutkan. Dengan bantuan permainan edukasi yang menarik ini, anak akan mengerti bahwa belajar itu menyenangkan dan otomatis anak akan mulai belajar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi game edukasi berbasis mobile yang dapat menghibur anak-anak sekaligus memperluas pengetahuan tentang topik aritmatika atau matematika. Analisis ini menggunakan analisis deskriptif. Metode Pengujian Sistem yang peneliti gunakan adalah Research and Development (R&D). Sempel penelitian ini adalah siswa kelas IV di Kota Palu. Berdasarkan hasil dari kuesioner sebanyak 24 responden ditemukan Total skor kelayakan dari data data aspek materi dan data aspek kelayakan media sejumlah 1005 (83,75%) dari skor yang diharapkan yaitu 1200 (100%). Total skor tersebut termasuk dalam kategori Sangat Layak di gunakan untuk anak yang berusia 10 tahun.

Full Text:

PDF

References


Ahdan, S., Sucipto, A., & Agus Nurhuda, Y. (2019). Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android Game to Stimulate Children’s Multiple Intelligence Based on Android. Seminar Nasional Teknik Elektro 2019, November, 554–568.

Ayyubi, M. I., Fauzi, N., Prakoso, S., & Hartiningsih, W. B. (2019). Aplikasi Game Edukasi Yuk Mari Berhitung Berbasis Android Studio. 8, 33–39.

Damayanti, D., Akbar, M. F., & Sulistiani, H. (2020). Game Edukasi Pengenalan Hewan Langka Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 275. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020721671

Eka Jayanti, W., Eva, M., & Fahriza, N. (2018). Game Edukasi “Kids Learning” Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 2(2), 98–104.https://doi.org/10.32485/kopertip.v2i2.56

Erfan, M., Widodo, A., Radiusman, & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Jurnal Pendidikan, 11(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0A

Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 187–196. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24544

Huizenga, J., Admiraal, W., Dam, G. ten, & Voogt, J. (2019). Mobile game-based learning in secondary education: Students’ immersion, game activities, team performance and learning outcomes. Computers in Human Behavior, 99(April), 137–143. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.05.020

Kidi, N., Kanigoro, B., Salman, A. G., Prasetio, Y. L., Lokaadinugroho, I., & Sukmandhani, A. A. (2017). Android Based Indonesian Information Culture Education Game. Procedia Computer Science, 116, 99–106. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.10.015

Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2018). Educational apps from the Android Google Play for Greek preschoolers: A systematic review. Computers and Education, 116, 139–160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.09.007

Sandrone, S., & Carlson, C. (2021). Gamification and game-based education in neurology and neuroscience: Applications, challenges, and opportunities. Brain Disorders, 1(November 2020), 100008. https://doi.org/10.1016/j.dscb.2021.100008

Sari, A. C., Fadillah, A. M., Jonathan, J., & Prabowo, M. R. D. (2019). Interactive gamification learning media application for blind children using android smartphone in Indonesia. Procedia Computer Science, 157, 589–595. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.018

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sulistyowati, S., Gunawan, E., & Rusdiana, L. (2022). Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 107. https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.806

Wijayanti, R., Muntomimah, S., & Khoirunnisak, R. (2021). Android game: Education Javanese vocabulary. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012089

WIKIPEDIA. (n.d.). Activity Diagram. Retrieved April 17, 2023, from https://en.wikipedia.org/wiki/Activity_diagram




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i3.7689

Article Metrics

Abstract - 466 PDF - 304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :