APLIKASI REPORTING LOKASI BENCANA ALAM DAN DISTRIBUTION TRACKING BERBASIS ANDROID

Ahyuna Ahyuna, Irmawati Irmawati, Sitti Aisa, Jufri Jufri, Nurul Aini

Abstract


Mekanisme persiapan keperluan dalam mengatur pengadaan barang untuk penanganan bencana alam menjadi bagian terpenting untuk mempertimbangkan perihal  yang sangat diinginkan, individu yang memerlukan, dan lokasi atau posisi kejadian, kapan waktu pemberian, mekanisme prosedur dalam menyerahan barang tersebut. Percobaan ini dimaksudkan untuk mampu membangun sebuah application system pelaporan lokasi bencana alam dan memonitoring distribusi logistik. Penelitian ini dirancang untuk aplikasi web dan android, penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi peliputan tempat terjadinya bencana alam dan monitoring pemberian keperluan yang dibutuhkan yang bisa diakses via smartphone. Penelitian ini diharuskan mampu membantu unit Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi selatan agar memperoleh pengabaran tempat musibah dimanapun serta permintaan barang keperluan serta pihak sukarelawan bisa memonitoring keberadaan dari petugas yang mendistribusikan bantuan serta dapat mengetahui periode kemunculan pihak yang mendistribusikan bantuan perlengkapan. Pengujian yang diimplementasikan  pada hasil percobaan ini memanfaatkan model pengujian blackbox dan keputusan dari  pengujian yang dilakukan yaitu aplikasi telah terbebas dari kecurangan dari fitur aplikasi.

Full Text:

PDF

References


Aisa, Sitti. 2021a. “Aplikasi Pencarian Bengkel Aktif Dengan Google Maps API Berbasis Web.” DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 4(2):61–69.

Aisa, Sitti. 2021b. “Implementasi Aplikasi Berbasis Android Pengembangan Ide Resep Makanan Dan Minuman Pada Restoran.” Jurnal Teknologi Informasi 5(1):24–31.

Al Amin, Abdur Rahman, Agus Siswanto, and Effiyaldi Effiyaldi. 2020. “Perancangan Aplikasi E-Report Untuk Korban Bencana Alam Di Muaro Jambi Berbasis Android Menggunakan GIS.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika 2(4):282–96.

Ardianto, Efri Tri, Alinea Dwi Elisanti, Bakhtiyar Hadi Prakoso. 2022. “Pengembangan Aplikasi Penanggulangan Bencana Ship , Handle & Drive Berbasis Android Dan Web.” 9(3).

Bencana, Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan, and BUPATI BANGLI. 2012. “Nomor 2 Tahun 2012 Tentang.” Pedoman Umum Pengkajian Risiko Bencana.

Damanik, Nancy L., M. Dirhamsyah, and Eldina Fatimah. 2015. “Model Distribusi Bantuan Logistik Kemanusiaan Pada Saat Bencana Banjir Dengan Memperhitungkan Data Iklim (Studi Kasus Bencana Banjir Bandang Kec. Tangse, Kab. Pidie, Prop. Aceh).” Jurnal Ilmu Kebencanaan: Program Pascasarjana Unsyiah 2(1).

Fitriawati, N., Herdiansah, A., Taufiq, R., & Destriana, R. (2022). IT Disaster Recocery Plan Dalam Mendukung Business Continuty Plan Saat Terjadi Force Majeure. JIKA (Jurnal Informatika), 6(3), 249–255. https://doi.org/10.31000/jika.v6i3.6320

Hendriyani, Yeka, S. Kom, and M. Kom. 2020. Pemrograman Android: Teori Dan Aplikasi. Penerbit Qiara Media.

Huda, M. 2014. “Pengenalan Dan Cara Kerja Google Maps.” Tersedia Http://Www. Mkhuda. Com.[16 Oktober 2016].

Ibrahim, Muhammad Rizky, and Herman Kuswanto. 2022. “PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN KURSUS MENGEMUDI MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA LPK/LKP INDERA MAGELANG BERBASIS WEB.” JIKA (Jurnal Informatika) 6(3):242–48.

Jamil, Mohamad, and Muhammad Said. 2017. “Monitoring Distribusi Logistik Bantuan Bencana ( Mdb ) Berbasis Framework Codeigniter.” Pp. 386–91 in Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya.

Mulyani, Sri. 2017. Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Piu, Sri Wahyuningsih, Rima Ruktiari, Nurul Aini, and Erfan Hasmin. n.d. “DIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR.” ScientiCO: Computer Science and Informatics Journal 4(1):1–14.

Pratama, M. Rifansah Praja, and A. Gunawan-UBSI. 2020. “PENERAPAN METODE ALGORITMA FIRST-FIT DALAM PENDISTRIBUSIAN BANTUAN BENCANA DI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KOTA SUKABUMI.” Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS) 9(3).

Rahayu, Sri Lestari. 2017. “SISTEM INFORMASI PENGADAAN LOGISTIK BENCANA BERBASIS WEB.” Pp. 356–61 in Vol. 1.

Rosa, Ariani Sukamto. 2016. “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek.”

Supardi, Ir Yuniar. 2019. Belajar Pemrograman Android Untuk Semua Kebutuhan. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i3.7968

Article Metrics

Abstract - 388 PDF - 216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING