APLIKASI PERMAINAN BOWLING MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS ANDROID

Savira Fidzatika Rajanah, Maxsi Ary

Abstract


Peminat olahraga bowling di Kota Bandung bisa dibilang masih sangat banyak, kekurangan sarana olahraga tersebut menjadi perhatian pada penelitian ini. Pengamatan dilakukan di Siliwangi Bowling Center yang memiliki fasilitas 18 baris dan varian bola sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pengunjung saat bermain. Fasilitas olahraga ini juga menyediakan perlengkapan bermain, instruktur, dan club bowling untuk pengunjung yang aktif dan memiliki passion di olahraga tersebut. Hobi seperti ini lumayan memakan biaya, jadi pada intinya jangan terlalu sering jika tidak mau menguras biaya. Permasalahan bagi pemula, biasanya jari-jari terluka karena beban dari bola bowling yang diputar. Selanjutnya terdapat masalah di pusat olahraga ini yang mungkin terjadi dalam daftar tunggu pada akhir pekan. Hal ini membuat para pengunjung merasa bosan ketika menunggu tetap bermain. pada penyelesaian skripsi ini penulis mengusulkan solusi pembuatan aplikasi permainan bowling yang direncanakan berbasis Android sehingga menggunakan Unity 3D. Hasilnya aplikasi permainan bowling dapat memberikan sarana bagi pemain yang masih pemula, serta dapat mengatasi kebosanan pengunjung saat waiting list di akhir pekan untuk bermain bowling di Siliwangi Bowling Center.

Full Text:

PDF

References


Bendi, I. M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bowling Yang Dimodifikasi Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 17 …. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 6(September), 49–57.

Firlando, R., Frima, A., & Sunardi, L. (2020). APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SEPAK BOLA BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 12(02), 166–172. https://doi.org/10.32767/jti.v12i02.1097

Mashud, Mattigara, A., & P, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Koperasi pada KSP. Bakti Huria. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 69–83. https://doi.org/10.38204/TEMATIK.V8I1.568

Mauliana, P., Wiguna, W., & Permana, A. Y. (2020). Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama. Jurnal Responsif : Riset Sains Dan Informatika, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.51977/JTI.V2I1.158

Nasution, S., Nasution, A. H., & Hakim, A. L. (2019). Pembuatan Plugin Tile-Based Game Pada Unity 3D. It Journal Research and Development, 4(1), 46–60. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3517

Nurtaufiq, Z. G., & Susanti, S. (2021). Simulasi Manajerial Wirausaha Kedai Kopi Berbasis Web di Kong Djie Coffee. 2(2), 74–83.

Nurwulandari, T., & Arifin, T. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Tumbuh Kembang Anak Usia 0 Sampai 2 Tahun Berbasis Android. Jurnal Tekno Insentif, 12(2), 28–35. https://doi.org/10.36787/jti.v12i2.72

Pratama, A., Abdurohman, M., Iin, I., Rinaldi, A. R., & Tohidi, E. (2021). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bola Basket Berbasis Andorid Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Olah Raga. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, 5(2), 171. https://doi.org/10.51211/isbi.v5i2.1528

Purwaningsih, E. (2021). MENGENAL WARNA, ANGKA, HURUF DAN BENTUK PADA ANAK USIA DINI MELALUI ANIMASI INTERAKTIF. 103–110. https://repository.nusamandiri.ac.id/repo/770/MENGENAL-WARNA,-ANGKA,-HURUF-DAN-BENTUK-PADA-ANAK-USIA-DINI-MELALUI-ANIMASI-INTERAKTIF

Putra, A. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Bola Voli Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(7), 519–532. https://doi.org/10.17977/um062v3i72021p519-532

Rambe, M. Y., Tanjung, M. R., & Saleh, A. (2020). Perancangan Aplikasi Game Cat Volly Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, 2(4), 769–780.

Rozak, D. A., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bola Basket Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(4), 142–153. https://doi.org/10.17977/um062v3i42021p142-153

Septiana, R. D., & Septian, F. (2019). Model Prototype Aplikasi Monitoring Tugas Akhir (MonTA) Mahasiswa pada STTI NIIT. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(2), 49. https://doi.org/10.32493/informatika.v4i2.2825

Wintoro, Y. P., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(7), 543–555. https://doi.org/10.17977/um062v3i72021p543-555

Yunita, Y., Adrianshyah, M., & Amalia, H. (2021). Sistem Informasi Bank Sampah Dengan Model Prototype. INTI Nusa Mandiri, 16(1), 15–24. https://doi.org/10.33480/inti.v16i1.2269




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i3.8121

Article Metrics

Abstract - 324 PDF - 268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING