PEMANFAATAN APLIKASI SPSS DALAM ANALISIS PENGARUH BIAYA PEMASARAN DAN GAJI PADA PENDAPATAN PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI

Raja Almas Ramadhani, Melani Defina Maharani, Nur Azizyah Putri Dewita, Siti Alnazwa Rivania Nanlohy, Syti Sarah Maesaroh

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melakukan proses analisa data menggunakan aplikasi SPSS V.26 dengan kasus mencari tahu pengaruh biaya pemasaran dan gaji karyawan terhadap pendapatan perusahaan telekomunikasi di Indonesia (studi kasus pada PT Telkom Indonesia Tbk. dan PT Indosat Tbk pengaruh biaya pemasaran dan gaji karyawan terhadap pendapatan perusahaan telekomunikasi di Indonesia (studi kasus pada PT Telkom Indonesia Tbk. dan PT Indosat Tbk. secara parsial dan secara simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (biaya pemasaran dan gaji karyawan) dengan variabel dependen (pendapatan perusahaan). Serta melakukan Uji Normalitas, Multikolinearitas, Autokorelasi, dan Heteroskedastisitas untuk mengetahui terdapatnya gejala pada variabel yang digunakan dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi SPSS V.26.  Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, variabel biaya pemasaran berpengaruh signifikan terhadap variabel pendapatan dengan nilai signifikan sebesar 0,041, dan variabel biaya gaji karyawan berpengaruh signifikan terhadap variabel pendapatan dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan secara simultan variabel biaya pemasaran dan biaya gaji karyawan berpengaruh signifikan secara bersama terhadap pendapatan karena nilai signifikansi 0,000. Sehingga hipotesis yang diajukan pada penelitian ini diterima.

Full Text:

PDF

References


Atmaja, P. D., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh Relationship Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome pada PT.TELKOM Datel Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 258–266.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Ed.9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, A. R., & Muhdi, M. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Smk Swasta Di Wilayah Timur Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial - Universitas Muhammadiyah Surakarta, 29(2), 105–115.

Hoki, L., & Sofyan, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan PT Sumber Sukses Rezeki. Jurnal Ilmiah Smart - STMIK TIME , 3(1), 22–25.

Indosat Ooredoo Hutchison. (2022). Laporan Keuangan PT Indosat Tbk. Company Annual Report. Indosat Ooredoo Hutchison

Irafah, S., Sari, E. N., & Muhyarsyah, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Peran Internal Audit, dan Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 337-348.

Januarsah, I., Jubi, J., Inrawan, A., & Putri, D. E. (2019). Pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba perusahaan pada PT PP London Sumatera Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Financial: Jurnal Akuntansi, 5(1), 32-39.

Musnaini, M., Suyoto, Y. T., Handayani, W., & Jihadi, M. (2021). Manajemen Pemasaran (H. Wijoyo, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Insan Cendekia Mandiri.

Nofiani, P. W., & Mursid, M. C. (2021). Pentingnya Perilaku Organisasi Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital. Jurnal Logistik Bisnis - Politeknik Pos Indonesia, 11(2), 71–77.

Nur Amanda, I., Triansyah, J., Kurniawan, A., & Gumelar, A. R. (2023). Sistem Informasi Kependudukan Warga Studi Kasus Perumahan Tegallega Permai Kabupaten Bogor. JIKA (Jurnal Informatika), 7(1), 63–70. https://doi.org/10.31000/jika.v7i1.7151

Pamelda, R. A., & Pradipto, D. (2021). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Dan Gaji Karyawan Terhadap Hasil Penjualan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 91–100. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i1.485

Peridustrian, K. (2019). Analisis Perkembangan Industri. Laporan tahunan Kementerian Perindustrian (Edisi 1). Kementrian Perindustrian.

PT Telkom Indonesia (Persero). (2022). Laporan Keuangan PT Telkomunikasi Indonesia Tbk. Company Annaul Report. https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/ir-laporan-keuangan-146

Qurays, A., Susyanti, J., & Rachmat, A. (2018). Pengaruh Financial Leverage, Operating Leverage dan Dept to Equity Ratio (DER) Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen UNISMA, 07(01), 36–50.

Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 1–14.

Septarini, R. S., Sugiyani, Y., Aksani, M. L., & Nuramalia, E. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Document Kependudukan Pada Desa Pasir Jaya. JIKA (Jurnal Informatika), 7(1), 71–78. https://doi.org/10.31000/jika.v7i1.7187

Supriantikasari, N., & Utami, E. (2019). Pengaruh Return on Asset, Debt Equity Ratio, Current Ratio, Earning Per Share dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham. JRAMB - Jurnal Riset Akutansi Mercu Buana, 5(1), 49–66.

Widarjono, A. (2018). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan EViews (Edisi V, Vol. 1). UPP STIM YKPN.

Wulansari, M., & Azlina, Y. (2018). Analisis Hubungan Biaya Promosi dengan Pendapatan pada PT. Bank XYZ. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 85-90

Yuliana, Y., Arwin, A., & Pratiwi, J. D. (2020). Dampak Gaji dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT Cipta Mandiri Agung Jaya). BISMA Cendekia, 1(1), 1-6

Zaidane, S. N., Purbayati, R., & Hadiani, F. (2021). Pengaruh ROA, CR, DER, dan Operating Leverage Terhadap Return Saham Perbankan Syariah. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 2(1), 84–98

Zein, S. Z., Yasyifa, L. Y., Ghozi, R. G., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Teknologi Pembelajaran, 4(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i3.8328

Article Metrics

Abstract - 488 PDF - 565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING