SREDO: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN FITUR OBJECT DETECTION DAN SPEECH RECOGNITION

Arif Setiawan, Dwi Yuliandika Saputra

Abstract


Media pembelajaran dengan fitur object detection dan speech recognition merupakan salah satu inovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan meningkatkan semangat siswa dalam  pembelajaran serta menambah inovasi baru sebagai sarana media pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan aplikasi SREDO. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Desain, Development & Disseminate). SREDO merupakan aplikasi media pembelajaran yang digunakan untuk pengenalan nama buah dalam bahasa inggris melalui suara siswa maupun bisa juga melalui scan foto buah secara langsung. Media ini dikembangkan dengan menggunakan software MIT App Inventor dan Google Speech.  Penelitian ini melibatkan serangkaian evaluasi untuk menguji fungsionalitas, kompatibilitas, dan validitas. Uji fungsionalitas dilakukan melalui pengujian blackbox dengan tingkat keberhasilan 100%. Uji kompatibilitas dengan Firebase Test Lab pada lima perangkat berbeda menunjukkan tingkat keberhasilan 100%. Evaluasi oleh ahli media dilakukan oleh tiga ahli dengan hasil 87% menandakan validitas dan kesesuaian media tersebut. Evaluasi oleh ahli materi yang melibatkan seorang guru bahasa Inggris menghasilkan nilai 89% menandakan kesesuaian media tersebut dengan tujuan pembelajaran. Evaluasi oleh 33 siswa, menggunakan (SUS) menghasilkan nilai rata-rata 84,09, yang mengindikasikan tingkat kegunaan yang sangat baik dan dapat diterima. Secara keseluruhan, aplikasi media SREDO yang telah dikembangkan terbukti sangat cocok dan efektif untuk pengenalan buah dalam bahasa Inggris di Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Agustin, I. N. N., & Supriyanto, A. (2020). Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Alajrami, M. A., & Abu-Naser, S. S. (2019). Type of Tomato Classification Using Deep Learning. 3(12), 5.

Christian, Y., & Olwin, O. (2022). Perancangan dan Pengembangan Website Sekolah di SMA Katolik Yos Sudarso Menggunakan Metode 4D. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 1162–1168.

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris pada Anak Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(4), 474–480.

Darmawan, E. W., & Suparman, S. (2019). Design of Mathematics Learning Media based on Discovery Learning to Improve Problem Solving Ability. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 20–28. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.7564

Dasmen, R. N., Fatoni, F., Wijaya, A., Tujni, B., & Nabila, S. (2021). Pelatihan uji kegunaan website menggunakan System Usability Scale (SUS). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 146–158.

Dobrev, D. (2012). A Definition of Artificial Intelligence (arXiv:1210.1568). arXiv. http://arxiv.org/abs/1210.1568

Fadhilah, Z., & Marpaung, N. L. (2023). Pengenalan Alfabet SIBI Menggunakan Convolutional Neural Network sebagai Media Pembelajaran Bagi Masyarakat Umum. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 8(2), 162–168.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Liesnaningsih, L., Kasoni, D., & Djamaludin, D. (2022). Prototype Robot Penyemprot Disinfektan Dengan Metode Research And Development. JIKA (Jurnal Informatika), 6(2), 135. https://doi.org/10.31000/jika.v6i2.5914

Mureşan, H., & Oltean, M. (2021). Fruit recognition from images using deep learning (arXiv:1712.00580). arXiv. http://arxiv.org/abs/1712.00580

Naufal, M. R., Pramono, H. S., & ST, M. C. (2018). Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Objek Lingkaran Menggunakan Metode Houghcircle Sebagai Media Pembelajaran Penginderaan Visual Robot. Proceeding The 6th Indonesia Symposium on Robotic Systems and Control (ISRSC), 193–201.

Pasaribu, A. I., Lubis, I. S., & Medriati, R. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatih Berpikir Kritis Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 486–495.

Putra, A. G., Hasanah, H., & Atina, V. (2018). Aplikasi Mobile Learn English Memanfaatkan Speech Recognition pada Google Voice. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 2(2). https://doi.org/10.55635/jic.v2i2.44

Syarifuddin, I. (2019). PENGEMBANGAN APLIKASI PENDETEKSI OBJEK BERSEGI MENGGUNAKAN METODE CONTOUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGINDERAAN VISUAL ROBOT. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 9(1).

Tarigan, R. S. (2022). KEBERMANFAATAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI PADA DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166.

Wibisono, F., & Pramudita, D. A. (2023). Smart geometry object detection: Flat shape recognition learning media based on artificial intelligence. AIP Conference Proceedings, 2727(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i4.8385

Article Metrics

Abstract - 280 PDF - 229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING