PERBANDINGAN EFEKTIVITAS WAKTU FIXED-TIME TRAFFIC CONTROL DAN ACTUATED TRAFFIC CONTROL DALAM PENGURAIAN KEMACETAN

Rizky Pradana, Indah Puspasari Handayani

Abstract


Permasalahan dari masa ke masa yang selalu menjadi fokus pemerintah untuk selalu mencari jalan keluar untuk kemacetan di DKI Jakarta, terutama di daerah perkotaan. Meskipun pemerintah sudah memperbaiki moda transportasi umum, nampaknya masyarakat masih merasa nyaman dan aman dengan menggunakan kendaraan pribadi yang mereka miliki. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kemacetan, misalnya incorrect procedure dan time limit yang terdapat pada lampu lalu lintas. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah menentukan cara terbaik untuk mengurangi kemacetan yang dapat mempengaruhi perekonomian karena lonjakan kenaikan biaya transportasi. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemasangan lampu lalu lintas yang di input metode FTC (Fixed-time Traffic Control) dengan pola consistent timing atau metode ATC (Actuated Traffic Control) yang memiliki pola correct procedure dan time limit. Dengan membandingkan nilai efektifitas dan efisiensi terhadap dua metode penerapan model lalu lintas yaitu model FTC (Fixed-time Traffic Control) atau ATC (Actuated Traffic Control), hasil pengujian efektifitas FTC mendapatkan 39% dan ATC sebesar 61%, serta dari hasil survey menggunakan kuesioner dengan metode FMCDM (Fuzzy Multi Criteria Decision Making) yang disebar ke 54 sample adalah ATC mempunyai nilai 43,4% lebih tinggi dibandingkan FTC. Maka, dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa ATC lebih unggul dari pada FTC dalam penguraian kemacetan

Full Text:

PDF

References


Ali, M. I., & Abidin, M. R. (2019). Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Intensitas Kemacetan Lalu Lintas Di Kecamatan Rappocini Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 68–73. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/issue/view/678

Dewi, I. L. (2021). Pemodelan Simpang Exit Toll Kebakkramat dengan Sistem Fixed Time Controller dan Semi Actuated Controller Menggunakan Program Simulasi PTV VISSIM. Jurnal Matriks Teknik Sipil, 9(2), 121–126. https://doi.org/10.20961/mateksi.v9i2.53563

Fadhli, M. E., & Widodo, H. (2019). Analisis Pengurangan Kemacetan Berdasarkan Sistem Ganjil-Genap. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 2(2), 36–41. https://doi.org/10.36870/insight.v2i2.136

Febrian, F. (2014). Analisa Perencanaan Penerapan Persimpangan Bersinyal Dinamis (Actuated Traffic Control System) Pada Persimpangan di Kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 2(3), 397–406.

Fridayanthie, E. W., Haryanto, H., & Tsabitah, T. (2021). Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web. Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, 23(2), 151–157. https://doi.org/10.31294/p.v23i2.10998

Haryono, Darunanto, D., & Wahyuni, E. (2018). Persepsi Masyarakat Tentang Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 5(3), 277–285. https://doi.org/10.54324

Ilham. (2019). Penentuan Fungsi Jaringan Jalan Sistem Sekunder di Kawasan Perkotaan Studi Kasis Perkotaan Cianjur. Jurnal Momen, 02(01), 1–15.

Jakarta, G. P. D. K. I. (2019). Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil-Genap (hal. 1–4).

Lopez, A., Jin, W., & Faraque, M. A. Al. (2020). Security Analysis for Fixed-time Traffic Control Systems. Transportation Research Part B: Methodological, 139, 473–495. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.trb.2020.07.002

Murti, W., & Salamudin. (2019). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode FMCDM (Studi Kasus: di SMA Negeri 1 Simpang). Seminar Hasil Penelitian Vokasi (SEMHAVOK) Universitas Bina Darma Palembang, 10–21.

Prayitno, M. (2022). Pengaturan Simpang Bersinyal di Area Contra Flow Bus Lane Kota Surakarta Menggunakan Program Simulasi PTV VISSIM. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil, 111–115.

Prisgunanto, D. I. (2019). Aplikasi Teori Dalam Sistem Komunikasi di Indonesia. Kencana (Prenadamedia Group).

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti, Asmaniati, F., & Bilqis, L. D. R. (2021). Berwisata ke Kota Jakarta dengan Kemacetannya. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 4(2), 58–66.

Sari, S. L., & Ratnaningsih, I. Z. (2018). Hubuungan Antara Kontrol Diri Dengan Intensi Cyberloafing Pada Pegawai Dinas X Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Empati, 7(4), 226–232.

Sitanggang, R., & Saribanon, E. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik (JMBTL), 4(3), 289–296.

Sulastio, B. S., Anggono, H., & Putra, A. D. (2021). Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Lokasi Rawan Macet di Jam Kerja Pada Kota Bandarlampung Pada Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 104–111. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i4.8668

Article Metrics

Abstract - 147 PDF - 60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING