PLATFORM PEMBELAJARAN ELEKTRONIK BERBASIS WEB STUDI KASUS BATUAH TEKNOLOGI SEMESTA

Khairul Anwar Hafizd, Fathurrahmani Fathurrahmani, Herpendi Herpendi, Afian Syafaadi Rizki, Febrian Bayu Nugroho

Abstract


Platform Pembelajaran Elektronik Berbasis Web (Studi Kasus: Batuah Teknologi Semesta) merupakan solusi inovatif yang dirancang untuk membantu siswa atau mahasiswa yang belum berpengalaman dalam pemrograman agar dapat mempelajari keterampilan tersebut secara mandiri. Di era digital yang terus berkembang, kebutuhan akan keterampilan pemrograman semakin tinggi, namun tidak semua individu memiliki akses atau kesempatan untuk belajar secara formal. Platform ini didesain dengan tujuan menyediakan modul pembelajaran dalam bentuk video yang efektif dan mudah dipahami, dengan fokus pada konsep dasar, pengenalan bahasa pemrograman JavaScript, dan pembuatan aplikasi sederhana menggunakan PHP. Penelitian ini menggunakan model penelitian prototype dalam pengembangannya, dengan penerapan Entity Relationship Diagram (ERD) dan Unified Modeling Language (UML) dalam perancangan platform. Selain itu, platform ini juga telah diuji melalui pengujian blackbox oleh pihak Batuah Teknologi Semesta untuk memastikan fitur dan kinerja sistem berjalan dengan baik. Diharapkan dengan adanya Platform Pembelajaran Elektronik Berbasis Web ini, siswa atau mahasiswa yang awam dalam pemrograman dapat meningkatkan keterampilan mereka dan mendapatkan akses yang lebih luas terhadap pembelajaran pemrograman, mengurangi kesenjangan akses, dan memberikan peluang pembelajaran yang lebih inklusif bagi individu dengan keterbatasan akses terhadap pendidikan formal

Full Text:

PDF

References


Amarulloh, A., Kurniasih, K., & Muchlis, M. (2023). Analisis Perbandingan Performance Web Service Rest Menggunakan Framework Laravel, Django, dan Node JS Untuk Akses Data dengan Dengan Aplikasi Website. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 14-19.

Budiyanto, F. A., Indartono, N. A., & Hartono, R. (2019). Pengembangan Front End Website STIKOM PGRI Banyuwangi dengan Pendekatan Component Oriented Programming dan Style Flat Design. Jikom: Jurnal Informatika dan Komputer, 9(2), 105-117.

Firdaus, A., Sopandi, A., Herdiansah, A., & Fauziyah, S. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Data Balance Planning Berbasis Web Studi Kasus PT. Panarub Industry. JIKA (Jurnal Informatika), 7(3), 329–335. https://doi.org/10.31000/jika.v7i3.8604

Joarno, R. J. P., Fajar, M., & Yunus, A. (2022). Implementasi Progressive Web Apps Pada Website GetHelp Menggunakan Next. js. KHARISMA Tech, 17(2), 1-15.

Latukolan, M. L. A., Arwan, A., & Ananta, M. T. (2019). Pengembangan Sistem Pemetaan Otomatis Entity Relationship Diagram Ke Dalam Database. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(4), 4058-4065.

Nst, C. J., Putri, N., & Lawita, N. F. (2021). Perancangan Basis Data (Emos Marketplace) Sebagai Transaksi PT. Primarintis Sejahtera. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3771-3781.

Nugraha, W., & Syarif, M. (2018). Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(2), 94-101.

Nursaid, F. F., Brata, A. H., & Kharisma, A. P. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Barang Dengan ReactJS Dan React Native Menggunakan Prototype (Studi Kasus: Toko Uda Fajri). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(1), 46-55.

Pradipta, A. A., Prasetyo, Y. A., & Ambarsari, N. (2015). Pengembangan Web E-Commerce Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype. eProceedings of Engineering, 2(1).

Prasetyo, A. B., & Mauliana, P. (2020). Sistem Informasi E-Pemerintahan Kelurahan Jatihandap Berbasis Web. eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 25-32.

Putra, A. B. (2019, October). Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Kare Madiun). In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 81-85).

Putra, C. N., Barmawi, A. M., & Ramadhani, K. N. (2015). Javascript Protection And Encryption Menggunakan Advance Encryption Standard (aes) Symetric-key Algorithm Untuk Aplikasi Mobile Berbasis Phonegap. eProceedings of Engineering, 2(2).

Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), 199-203.

Rika, F., Pradini, R. S., & Rikatsih, N. (2023). Perancangan Prototipe Sistem Informasi Sekolah pada MTS Darul Manja. JIKA (Jurnal Informatika), 7(4), 423–430. https://doi.org/10.31000/jika.v7i4.8941

Rosa, A.S., & M. Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Informatika.

Safitri, R. K., & Putro, H. P. (2021). Implementasi REST API untuk Komunikasi Antara ReactJS dan NodeJS (Studi Kasus: Modul Manajemen User Solusi247). AUTOMATA, 2(1).

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan pengembangan aplikasi absensi mahasiswa menggunakan Smart Card guna pengembangan kampus cerdas. Jurnal Integrasi, 9(1), 84-91.

Setiawan, A., & Yuliandika Saputra, D. (2023). SREDO: Media Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Fitur Object Detection dan Speech Recognition. JIKA (Jurnal Informatika), 7(4), 371–378. https://doi.org/10.31000/jika.v7i4.8385




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i1.9265

Article Metrics

Abstract - 95 PDF - 46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING