IMPLEMENTASI LEAN DENGAN MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING UNTUK MEMPERCEPAT LEAD TIME PROSES OUTBOUND DI PT.X
Abstract
PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia pelayanan logistik, salah satu divisinya adalah contract logistic, yang mengurusi kontrak warehousing dengan para pelanggannya. Operasional yang ada di warehouse meliputi inbound, storaging, dan outbound.agar dapat bersaing dan memenuhi keinginan pelanggannya, PT.X harus mampu melaksanakan operasionalnya secara efektif dan efisien. Salah satu upaya untuk terlaksananya proses yang efektif dan efisien adalah dengan mengimplementasikan lean. Penelitian ini membahas mengenai implementasi lean pada proses outbound di PT.X. implementasi lean dengan menggunakan value stream mapping.
Penggunaan value stream mapping pada proses outbound untuk mengidentifikasi pemborosan mandapatkan hasil antara lain : total lead time yang dibutuhkan untuk proses outbound saat ini sebesar 13.286 detik dengan value added ratioyang didapat sebesar 6,68%. Berangkat dari kondisi saat ini, maka dirancang future state mapping untuk mendapatkan kondisi ideal. Berdasarkan perancangan future state mapping yang dibuat, maka diketahui lead time yang didapat adalah sebesar 1.192 detik dengan value added ratio sebesar 23,08%.Untuk dapat merealisasikan future state mapping yang dirancang atau kondisi ideal, perusahaan memerlukan upaya-upaya penghilangan pemborosan pada setiap aktivitas yang ada di proses outbound.
Kata Kunci :Current state Mapping, Future State Mapping, Value added ratio
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jim.v2i2.631
Article Metrics
Abstract - 985 PDF (Bahasa Indonesia) - 1456DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.31000/jim.v2i2.631.g430
Refbacks
- There are currently no refbacks.