HUBUNGAN TINDAKAN BULLYING DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI 1 TANGERANG

Mega Lestari Khoirunnisa, Lia Hikmatul Maula, Desri Arwen

Abstract


ABSTRAK

 

Masa remaja merupakan fenomena fisik yang berhubungan dengan pubertas, dimana remaja mengalami perubahan salah satunya perubahan psikologis. Psikososial masa remaja menengah memiliki tiga fungsi dalam pergaulannya yaitu keluarga, kelompok sebaya dan sekolah. Salah satu  stressor yang mengancam remaja akibat dari pengucilan oleh teman sebaya yaitu tindakan bullying. Kejadian bullying mengalami peningkatan setiap tahunnya, dimana kejadian bullying sering terjadi di lingkungan sekolah. Bullying akan berakibat pada munculnya masalah psikologis remaja seperti kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tindakan bullying dengan tingkat kecemasan pada korban bullying kelas X Kejuruan Sekolah Multimedia dan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 1

Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuisioner bullying yang telah dimodifikasi oleh peneliti dan kuisioner HARS untuk pernyataan kecemasan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 155 responden. Tehnik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling yang telah disesuaikan dengan kriteria inklusi. Selanjutnya data dianalisis dengan uji Chi Square didalam SPSS Statistic17 for windows. Jumlah responden terbanyak dengan kejuruan sekolah Multimedia (64%), responden terbanyak berjenis kelamin perempuan (53%), usia responden terbanyak berusia 16 tahun (61%) dari usia 15-18 tahun. Korban bullying rata-rata mengalami bentuk bullying mental (55%) yang terjadi pada korban berjenis kelamin perempuan. Sebagian besar korban bullying mengalami kecemasan (61%) dengan kebanyakan korban mengalami tingkat kecemasan ringan (34%). Didapatkan hasil yang positif bahwa terdapat hubungan tindakan bullying dengan tingkat kecemasan pada korban bullying dengan p.value (0,033) < Alpha (0,05). Diharapkan perawat mampu memberikan intervensi keperawatan untuk mengatasi kecemasan dengan dukungan emosional dan dukungan kelompok di sekolah.

 

Kata Kunci : Remaja, Bullying, Kecemasan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astuti,P.R. (2008). Meredam Bullying : 3

Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: Grasindo.

Cahyaningsih,D.S. (2011). Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Trans Info Media.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi,DAPIS. (2014). Gambaran Kejadian dan Karakteristik Bullying pada Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas I Pekutatan Kabupaten Jembrana Bali 2014. http://wisuda.unud.ac.id (diakses 20

Maret 2017).

Dharma,K.K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan (Pedoman Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian). Jakarta: Trans Info Media.

Febriana,B. (2016). Pengaruh Terapi Kognitif Terhadap Harga Diri Remaja Korban Bullying. http://jik.ub.ac.id (diakses 20 Maret 2017).

Gail Wiscarz Stuart. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart Edisi Indonesia Buku 1. Singapore: Elsevier Singapore Pte Ltd.

Gail Wiscarz Stuart. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart Edisi Indonesia Buku 2. Singapore: Elsevier Singapore Pte Ltd. Gloria,M Bulechek.,H.K. (2016). Nursing Interventions Classifications (NIC)

Edisi Bahasa Indonesia Edisi Keenam. Singapore: Elsevier singapore Pte Ltd. Hawari,D. (2006). Psikiatri Manajemen Stres, Cemas & Depresi. Jakarta: FK

UI.

Indri,K.N. (2007). Perilaku Merokok Remaja. Publikasi Tesis Kedokteran. Medan: Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara.

Jan,MS.A. (2015). Bullying in Elementary Scholls : Its Causes and Effects on Student. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1079

pdf (diakses 26 Juli 2017).

Kelly,J.A.,Hansen,D.J. (1987). Sosial Interactions and Adjusment, dalam: V.B. Hasselt & M. Hersen (Eds.), Handbook of Adolescent Psychology. New York: Pergamon Press.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Profil kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. http://www.depkes.go.id (diakses 10

April 2017).

Kuraesin. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Pasien yang Akan Menghadapi Operasi di RSUP Fatmawati Tahun

, Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id (diakses

Maret 2017).

L,Fatmawati. (2016). Perbedaan Perilaku Bullying Ditinjau dari Jenis Kelamin. http://eprints.ums.ac.id/47085/19/NAS KAH%20PUBLIKASI.pdf (diakses 26

Juli 2017).

Notoatmodjo,S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhidayah,Siti.,Pramintari,R.D.,Verawati

,Natalia. (2015). Hubungan Konsep Diri dan Kemandirian dengan Kecemasan Pada Siswa Kelas X dan XI di SMA Yadika 4 Jatiwaringin Bekasi. http://ejournal-unisma.net (diakses 25

Maret 2017).

Priyatna,A. (2010). Let's End Bullying : Memahami, Mencegah dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2013).

Badan Penelitian dan Pengembangan

Kesehatan Kementerian RI tahun

http://www.depkes.go.id

(diakses 10 Oktober 2016).

Rizki,K. (2016). Pelatihan Asertivitas

Terhadap Penurunan Kecemasan

Sosial Pada Siswa Korban Bullying. http://ejournal.umm.ac.id (diakses 25

Maret 2017). Sabri,Luknis.,Hastono,S.P. (2014).

Statistik Kesehatan Edisi 1 Cetakan 8.

Jakarta: Rajawali Pers.

Santrock,J W (1998). Adolescence. Boston: McGraw-Hill.

Stuart,G W. (2007). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 5. Jakarta: EGC.

Sudarwan Danim.,Khalil. (2011). Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta.

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA). (2008). Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Grasindo.

Umasugi. (2013). Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Religiusitas Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja. http://jogjapress.com (diakses 25

Maret 2017).

World Helath Organization. (2012). World population monitoring Adolescent and youth. Department of economic and social affair of the united nation. New York: United Nation Publication.

Yusuf,Syamsu. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Roskadarya Offset.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/

umum/15/12/30/o067zt280-kpai-

kasus-bullying di-sekolah-meningkat- selama-2015 (diakses 10 Oktober

. http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/132/j

tptunimus-gdl-rinnatrisn-6553-3- babii.pdf (diakses 20 Mei 2017).

http://ga-ji.com/umk-pada-provinsi-

banten-tahun-2017/ (diakses 26 Juli

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v3i2.1286

Article Metrics

Abstract - 8983 PDF - 10679

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v3i2.1286.g823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya