Hubungan Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tutorial Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Program Studi D3 Kebidanan UNPAD
Abstract
Metode pembelajaran tutorial merupakan bagian dari strategi instruksional yang berfungsi sebagai cara untuk menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan metode pembelajaran tutorial dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa di program studi D3 kebidanan UNPAD.
Analitik dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan data primer melalui kuesioner. Populasi pada penelitian ini seluruh mahasiswa angkatan VIII yang berjumlah 64 orang, dengan sampel seluruh mahasiswa angkatan VIII yang telah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran tutorial yang berjumlah 64 orang. Data dianalisis dengan teknik korelasi Rank Spearman dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Ditemukan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran tutorial memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Berada pada kategori baik yaitu sebesar 70,31%, dan tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa berada pada kategori sedang yaitu 57, 81%. Berdasarkan korelasi Rank Spearman koefisien korelasi (r = 0,402) yang berarti terdapat keeratan hubungan pada kategori sedang.
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. (2012). Standar Nasional Pendidikan Diploma III Kebidanan Indonesia. Jakarta: Pendidikan Tinggi
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. (2008). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Akademik
Muhibbin S. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Buku Pedoman Akademik D3 Kebidanan Unpad. (2013)
Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesment. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga
Tiwari, dkk. (2006). A Comparison of The Effects of Problem-Based Learning and Leacturing on The Development of Students Critical Thinking. Hongkong: Departement of Nursing Studies
Harsono. (2005). Tutorial. Yogyakarta: PPP UGM
Syafruddin, N. (2005). Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Ciputat: Quantum Teaching
_____. (1991). KamusBesar Bahasa Indonesia Eds Kedua. Jakarta: Balai Pustaka
Khodijah, N. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Patah Press
Fischer, A. (2008). Critical Thinking. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga
Lestari, P. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Konsep Transpor Membran. Skripsi FPMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan
Muhfahruyin. (2013). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis
Aunurahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Notoatmodjo. S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta
Dahlan, S. (2008). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2011). Sistem Pendidikan Tinggi. Jakarta: Dikti
Kepmenkes No. 369. (2007). Standar Profesi Bidan
Riduan. (2007). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Muhfahroyin. (2005). Critical Thinking as a Core Skill, the Ability to Think Critically is a Key Skill for Academic Success
Bruce, LA. (1972). A Study of the Realationship Between the SCIS Teachers’ Attitude Toward the Teacher Student Relationship and Question Types. Journal of Research in Science Teaching
Suroso A. (1992). Studi Analisis Persepsi dan Kompetensi Tutor tentang Penggunaan Teknik Bertanya dalam Kegiatan Tutorial UT. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian Universitas Terbuka
Race, P. (1990). The Open Learning Handbook: Selecting Designing and Supporting Open Learning Materials. London: Kogan Page
Kasminah. (2008). Metode dalam Proses Pembelajaran Lentera Pendidikan. Volume 11
Khoiriyah, U. (2008). Chritical Thinking dalam Proses Tutorial Problem Based Learning [Tesis]. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran UGM
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta
Malta. (2011). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Efektifitas Tutorial Tatap Muka Program Pendidikan Dasar. Aceh: Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
Hidayat, AAA. (2007). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v5i1.2804
Article Metrics
Abstract - 1671 PDF - 1870DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v5i1.2804.g1804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com