PENGARUH ATTITUDE KARYAWAN DAN BEBAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RSUD BALARAJA KABUPATEN TANGERANG
Abstract
Dalam Jasa pelayanan, attitude memegang peranan penting, begitu juga dengan beban kerja terutama segi kualitas pelayanan, penelitian ini berupaya mengukur pengaruh attitude dan beban kerja karyawan terhadap kualitas pelayanan di RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bersipat deskriptif kuantitatif, sampel sebanyak 35 orang, Instrumen penelitian berupa angket, data dianalisis menggunakan bantuan program komputer excel dan spss versi 25.
Hasil penelitian menunjukan peubah attitude dan beban kerja terbukti memengaruhi kualitas pelayanan dengan tingkat korellasi yang sedang. Attitude dan Beban Kerja mampu memproyeksikan Kualitas Pelayanan, dengan pengaruh yang positif dari attitude sedangkan beban kerja justeru sebaliknya. Hal tersebut terlihat dari persamaan Y=33,89+0.254X1-0.238X2, kondisi ini menunjukan semakin baik penerapan attitude kualitas layanan pun meningkat.
Namun sebaliknya semakin berat beban kerja yang dibebankan maka kualitas pun menurun. Attitude dan Beban Kerja karyawan secara simultan memberikan pengaruh sebesar 26,70% dan 73.30% dipengaruhi faktor lainnya. Hasil ini membuktikan bahwa attitude dan beban kerja karyawan terbukti berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang baik secara simultan maupun parsial.
Full Text:
PDFReferences
Danendra, A. N. B., & Rahyuda, A. G. (2019). The Effect Of Work Loads On Employee Performance With Job Satisfaction As A Mediation Variable. Journal of Business Management and Economic Research, 3(8), 40-49.
Herlina, H., Mattalatta, M., & Kadir, I. (2018). Pengaruh pengetahuan, sikap, dan beban kerja terhadap kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan di rumah sakit umum (rsud) kelas b kabupaten bone. Yume: Journal of Management, 1(3).
Indriani, I. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Pelaksanaan Asuhan Keperawatan pada Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Umum Dr Slamet Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(2), 093-100.
Mastini, P., Suryadhi, N. T., & Suryani, A. (2015). Hubungan tingkat pengetahuan, Sikap, Beban kerja perawat dengan kelengkapan Dokumentasi Asuhan keperawatan di IRNA IGD RSUP Sanglah Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 3, 49-53.
Pujotomo, I., Sasmoko, A., & Setiadi, N. J. (2020). The Effect of Work Loads on Work Satisfaction with Work Structure as a Variable of Mediation. EXECUTIVE EDITOR, 11(01), 1844.
Rochmah, T. N., & Tunggareni, H. S. (2013). Job Satisfaction and Performance of Nurse Based on Workload in Bhayangkara Hospital Lumajang. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(3), 3826.
Sultan, S., & Thane, S. (2018). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Beban Kerja Perawat Pelaksansa Terhadap Kinerja Perawat Diruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura. The Journal of Business and Management Research, 1(2), 93-100.
Sarwono, Jhonatan. 2018. Statistik untuk Riset Skripsi.
Tjiptono, F. 2016. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta (ID): Andi Offset.
Talo, S. L., Timuneno, T., & Nursiani, N. P. (2020). Pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada pt. Pos indonesia (persero) cabang kupang. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 1(2), 73-91
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5209
Article Metrics
Abstract - 1596 PDF - 940DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5209.g2822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com