HUBUNGAN MOTIVASI REMAJA DENGAN MOTIVASI REMAJA DALAM PENCEGAHAN KANKER PAYUDARA DI SMK KESEHATAN BINA INSAN CENDEKIA TANGERANG

Kartini Kartini, Eriyono Budi Wijoyo, Azizah Al-Ashri Nainar, Eti Rahmawati

Abstract


Kanker Payudara merupakan jenis tumor yang ganas hingga kini menjadi pembunuh nomor satu bagi wanita. SADARI membantu mengecek kondisi payudara apakah terdapat benjolan atau perubahan lain yang dapat menjadi tanda terjadinya tumor yang membutuhkan perhatian medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi remaja dengan perilaku SADARI dalam pencegahan kanker payudara di SMK Kesehatan Bina Insan Cendekia Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan besar sampel 55 siswi yang berasal dari kelas X dan XI SMK Kesehatan Bina Insan Cendekia Tangerang. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis uji statistik yang digunakan adalah Uji Chi-Square. Hasil penelitian dari 55 siswi menunjukkan mayoritas siswi yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 28 responden (50,9%) dan berperilaku kurang sebanyak 27 responden (49,1%). Berdasarkan analisa uji chi square terdapat hubungan antara motivasi remaja dengan perilaku sadari dengan P value 0,001. Saran kepada pihak sekolah yakni meningkatkan peran serta guru dengan melakukan penyuluhan tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Full Text:

PDF

References


Afandi, P. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management For Management Research. Yogyakarta : Deepublish.

Anggrainy, R. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap Tentang Sadari Dalam Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Remaja. Journal Endurance 2 (2).

Bashirian, S., dkk. 2019. An Application of the aparotection Motivation Theory to Predict Breast Self-Examination Behavior among Female Healthcare Workers. Eur J Breast Health 15 (2) : 90-97.

Baswedan, H, R. dan Listiowati, E. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Dengan Perilaku Sadari Pada Mahasiswa Non Kesehatan Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Biomedika Volume 6 Nomor 1.

Dahlan, S. 2014. Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan Ed 6. Salemba Medika : Jakarta.

Dharma, K.K. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta : Trans Info Media.

Dinas Kesehatan Provisinsi Banten. 2019. Diakses dari https://dinkes.bantenprov.go.id/read/profil-kesehatan-provinsi-bant/180/Profil-Kesehatan-Provinsi-Banten-Tahun-2019.html diakses 12/04/2020 jam 18.30.

Guilford, K., McKinley dan Turner, L. 2017 . Breast Cancer Knowledge, Beliefs, and Screening Behaviors of College Women: Application of the Health Belief Model. American Journal of Health Education.

Heriyanti, E., Arisdiani, T. dan Widyastuti, Y, P. 2018 . Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Motivasi Dengan Tindakan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Pada Remaja Putri. Community of Publishing in Nursing Volume 6 (3).

Jung, S., M. dan Jo, H, S. 2014 . Intrinsic Motivation Factors Based on the Self-Determinant Theory for Regular Breast Cancer Screening. Asia Pacific Journal of Cancer Prevention Vol 15.

Juwita, L., dan Prabasari, N.A. 2018. Pengetahuan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Terhadap Sikap Dan Perilaku Pada Remaja Putri. Adi Husada Nursing Journal Vol 4 (2).

Kemenkes, RI. 2015. Panduan Nasional Penanganan Kanker Payudara. Komite Nasional Penanggulangan Kanker (KPKN).

Khairunnissa, A., Wahyuningsih, S., dan Irsyad, N.S. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Journal Profesi Medika Vol 11 (2).

Kumalasari, I. dan Andhyantoro, I. 2012. Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Jakarta : Salemba.

Kusmiran, Eny. (2011). Kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Jakarta : Salemba Medika.

Lestari, P. dan Wulansari. 2019. Pentingnya Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) sebagai Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE).

Pamungkas, Z. 2011. Deteksi Dini Kanker Payudara Kenali Sebab-Sebab dan Cara Antisipasinya. Yogyakarta : Buku Biru.

Putra, S. R. 2015. Buku Lengkap Kanker Payudara. Laksana : Yogyakarta.

Sari, Y. P., Lubis, N. L., dan Syahrial, E. 2014. Determinan Perilaku Sadari Remaja Putri Dalam Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara Di Smk Negeri 8 Medan Tahun 2014.

Sari, A, E., Maryati, I., dan Komariah, M. 2016. Motivasi Mahasiswi Keperawatan Dalam Pemeriksaan Payudara Sendiri Sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara. Jurnal Ilmu Keperawatan Vol IV (1).

Setiawan., Prastiwi, S., dan Sarimun. 2017. Kaitan Antara Pengetahuan, Sikap, Dan Motivasi Dengan Perilaku Sadari Mahasiswi. Nursing News Volume 2 (2).

Solang, S. D., Losu, N., dan Tando, N. M. 2016. Promosi Kesehatan Untuk Mahasiswa Kebidanan. Bogor : In Media.

Wulandari, N., Bahar, H,. dan Ismail, C, S. 2017 . Gambaran Kualitas Hidup Pada Penderita Kanker Payudara Di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesih Tenggara Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol 2 (6).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i2.5755

Article Metrics

Abstract - 782 PDF - 1252

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i2.5755.g2980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya