Kajian Perencanaan Strategis Divisi Keperawatan Rumah Sakit X Kota Cilegon
Abstract
Perencanaan strategis memegang peranan penting dalam menentukan masa depan rumah sakit. Pentingnya perencanaan strategis bagi RS dapat membantu memaksimalkan kekuatan RS untuk meningkatkan kualitas layanan dan keselamatan pasien serta memperbaiki pelayanan sesuai kebutuhan pasien. Adapun tujuan kajian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana strategi keperawatan RS X mencakup SDM, SIM dan keuangan. Metode yang digunakan studi kasus pendekatan analisis Strength-Weakness-Opportunity-Threat (SWOT). Pengumpulan data dilakukan Mei 2022 melalui telaah dokumen dan wawancara. Hasil yang diperoleh posisi organisasi berada pada sel I, growth and building dengan skor EFE 3,21 dan IFE 3,04. Perumusan strategi terpilih difokuskan pada peningkatan SDM melalui pendidikan lanjut formal dan informal, peningkatan pelayanan melalui pengambangan pelayanan keperawatan berbasis IT dan perencanaan anggaran serta pengendalian keuangan.
Full Text:
Alpan_2022_PDFReferences
Arnaert, A., Girard, A., Craciunas, S., Shang, Z., Ahmad, H., Debe, Z., & Demyttenaere, S. (2022). Patients’ experiences of telenursing follow‐up care after bariatric surgery. Journal of Clinical Nursing, 31(7-8), 985-994.
Ayuningtyas, D. (2020). Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan: Konsep dan Langkah Praktis-Ed.1. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Crispin, P., Akers, C., Brown, K., Delaforce, A., Keegan, A., King, F., ... & Verrall, T. (2022) A review of electronic medical records and safe transfusion practice for guideline development. Vox Sanguinis. https://doi.org/10.1111/vox.13254
David, F. R. (2010). Strategic Management (13th Ed). New Jersey: Prentice Hall.
Ernawati, R. (2020). Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Staf Pendidik Di Stikes. Putra Abadi Langkat. Jurkes Sutra: Jurnal Kesehatan Surya Nusantara, 8(1)
Eva, E., Hariyati, R. T. S., & Fitri, D. (2022). Efektivitas E-Logistik dan Tele-Logistik dalam Optimalisasi Pengelolaan Logistik Keperawatan di Ruang Rawat Inap: Suatu Program Inovasi. Journal of Telenursing (JOTING), 4(1), 47-58.
Tjiptono, F. & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan KOnsep, Pengukuran & Strategi. Yogyakarta: Andi
Gholami Sara, Azam Shirinabadi Farahani, Fatemeh Alaee Karahroudy, Farzaneh Moghadam, Nasrin Boromandnia, leila khanali Mojen. (2022). The effect of telenursing on the rate of newborn readmission. Journal of Neonatal Nursing, Volume 28, Issue 1, Pages 26-30, ISSN 1355-1841, https://doi.org/10.1016/j.jnn.2021.03.001.
Gorzin, K., Sanagoo, A., Jouybari, L., Pahlavanzadeh, B., & Jesmi, A. (2020). The effect of education on function and communication skill of nurse with intubated patient in intensive care unit. Journal of Nursing and Midwifery Sciences, 7(2), 84-87. doi:https://doi.org/10.4103/JNMS.JNMS_2_19
Haryati, R. T., Yetti, K., Afriani, T., & Handiyani, H. (2019). Manajemen Risiko Bagi Manajer dalam Meningkatkan Mutu dan Keselamatan Pasien. Depok: Rajawali Pers. http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-keluhan-pelanggan/, artikel
diakses pada 20 Mei 2022
Lasyera, E., Yeni, Y. H & Busuddin, H. (2018). Analisis Rencana Strategi Rumah Sakit Umum Daerah Arosuka, Kabupaten Solok. Jurnal Kesehatan Andalas 7 (2), 170-175.
Mashako, I. Y. (2019). The adoption of strategic planning practices by retail SMEs in Johannesburg (Order No. 28284413). Available from ProQuest Dissertations & Theses Global; ProQuest One Business. (2528199227). Retrieved from https://www.proquest.com/dissertations-theses/adoption-strategic-planning-practices-retail-smes/docview/2528199227/se-2?accountid=17242
Masiyati, E., Handiyani, H., & Nurdiana, N. (2022). Pendidikan Berkelanjutan Nonformal Bagi Kepala Ruangan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 16(2), 177-186.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Khusus
Pradana, K. A., Panuluh, S. M., Widianto, A. T. E., & Priyono, P. C. (2022). Literatur Review: Efektivitas Model Asuhan Keperawatan Profesional (Makp) Terhadap Kinerja Pelayanan Perawat. Avicenna: Journal of Health Research, 5(1).
Profil Rumah Sakit X Kota Cilegon, 2020 - 2022
Timothy, F. (2020). Using patient-staff ratio to improve patient care outcomes (Order No. 27960851). Available from ProQuest Dissertations & Theses Global; Publicly Available Content Database. (2405189365). Retrieved from. https://www.proquest.com/dissertations-theses/using-patient-staff-ratio-improve-care-outcomes/docview/2405189365/se-2
Wulandari, C. I & Wildani, A. A. (2019). Realisasi Rencana Strategis Kepala Bidang Keperawatan Dalam Menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keperawatan. Journal of Holistic Nursing Science, 6(2), 15–20. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2742
Sarda, dkk. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Beban Kerja Dan Kondisi Kerja Terhadap Stres Perawat Di Uptd Kesehatan Puskesmas Palanro Kecamatan Mallusetasi. Diakses pada tanggal 22 Mei 2022 melalui https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v7i1.6390
Article Metrics
Abstract - 2259 Alpan_2022_PDF - 1562DOI (Alpan_2022_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v7i1.6390.g3486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com