Keberhasilan Belajar Dalam Perspektif Self Regulated Learning dan Efikasi Diri
Abstract
Pembelajaran jarak jauh di era pandemic covid-19 melahirkan masalah dan kendala yang menghambat efektivitas pembelajaran dan mempengaruhi kualitas Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dan efikasi diri dimasa pandemi covid-19 pada mahasiswa keperawatan semester akhir Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasinya seluruh mahasiswa keperawatan semester akhir dengan total sampling 72 orang. Instrument pengumpulan data berupa kuisioner yang telah diuji validitas. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasilnya nilai signifikansi sebesar 0,000, maka ada hubungan antara self regulated learning dengan efikasi diri. Perolehan angka koefidien korelasi sebesar 0,405 bersifat positif, artinya tingkat kekuatan korelasinya kuat. Apabila individu memiliki self regulated learningyang tinggi maka efikasi diri untuk melakukan sesuatu juga tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian terkait faktor lain yang kemungkinan berpengaruh terhadap kedua variabel.
Full Text:
Imas_2022_PDFReferences
Agustyia, R. I. (2008). Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMA 29 Jakarta.. Semantic Scholar
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 9 https://doi.org/ 10.20961/placentum.v8i2.43008
Ayuningrum Dwi Putri, et al 2022. Gambaran Efikasi Diri pada Mahasiswa Baru Fakutas Keperawatan UNRI di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan (2022) 10 : 1
Azwar, Saifuddin. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Dharma,
Bandura, Albert. (1997). Self Efficacy : The Exercise Of Control. New York : W.H. Freeman and Company.
Bilda, W., & Fadillah, A. (2020). An Analysis of Students in Independent Learning of Analytic Geometry During the COVID-19 Pandemic. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 166. https:// doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2575
Fatimah, D. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar.
Gemilang Arye Fhajri, et al (2021). Deskripsi Kemandirian Peserta Didik Selama School From Home (SFH) Pada Masa Pandemic Covid-19. Psikoislamedia Jurnal Psikologi Volume 06 Nomor 02, 2021hari. ISSN:2548-4044.
Govaerest, S., &Gregoire, J. (2004). Stressful academic situaations : Study On Appraisal Variables In Adolescence. British Journal Of Clinical Psychology, 54, 261-271
KEPPKN. (2017). Pedoman dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional. Kementerian Kesehatan RI, 1–158.
Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Harisandy, Ruly. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan RendahSmk 1 Sedayu Melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation).. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNY.
Ismail. (2022). Analisa Penggunaan Geoogle Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Ddidik Selama Pandemi. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (APIC)Volume V, No. 1(2022) 41-47
Kusuma Kelana (2011), Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian, Jakarta, Trans InfoMedia
Kristiyani, Titik (2016) Self-Regulated Learning konsep, implikasi, dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press, Yogyakarta. ISBN Buku cetak ISBN: 978-602-6369-27-7, e-Book ISBN: 978-602-6369-28-4
Kuntarto, E. (2017). Efektifitas Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. 3(1), 99–110.
Kurniawati, D. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Srandakan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Laksono, K. M. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dan Self Regulated Learning Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Darma.
Manuntung, A.-. (2018). Hubungan Keyakinan Diri Dan Aktivitas Perawatan Mandiri Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya. Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(1), 199. https://doi.org/10.32831/jik. v7i1. 181
Maulidina, F. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid19: Studi Kasus Terhadap Pembelajaran Pai Di Kelas VIII. Smpn 3 Kota Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Nadirawati, R. (2018). Hubungan Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Baru Fakultas Keperawatan Universitas Jember.
Putri, M. R. E. (2017). Hubungan antara self-regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa. Yogya-karta. Universitas Sanata Darma.
Purwanto, A (2020). Studi Eksplorasi Dampak Pandemi Covid-19nterhadap Ptoses Pembelajaran Online Disekolah Dasar", Indonesia: Universitas Pelita Harapan.
Rambu, D. A. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Burn Out Pada Perawat DI Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU) RSUD S.K. Lerik. Kupang. Skripsi.
Safrizal, Z. A., dkk. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah pencegahan, pengendalian diagnosis dan manajemen. Jakarta. Kementrian Dalam Neger
Sarwa (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah Dan Solusi. ke-1.. Indramayu. Adab.
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). self-Regulated Learning (SRL) dengan Prokrastnasi Akademic pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 66–75.
Santrock, John W. 2012. Life-span Development. 13 th Edition. University of Texas, Dallas : Mc Graw-Hill
Silfia, B., & Utami, A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. 03(1), 1–7.
Sudiana, R., Fatah, A., & Khaerunnisa, E. (2017). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Virtual Class. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika,10(1). https://doi.org/ 10.30870/jppm.v10i1.1292
Sulityana. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Level Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Syahrina, I. A., & Ester. (2016). Self efficacy dengan Academic Dishonesty pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia “ YPTK ” Padang. Jurnal RAP UNP, 7(1), 24–35.
Wibowo. (2014). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v7i1.6808
Article Metrics
Abstract - 755 Imas_2022_PDF - 465DOI (Imas_2022_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v7i1.6808.g3572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com