PENGARUH PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP ANSIETAS DAN DEPRESI KELUARGA YANG MEMPUNYAI ANAK DENGAN AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS HARAPAN UTAMA ANANDA DEPOK
Abstract
ABSTRAK
Mekanisme koping maladaptif sering terjadi pada orang tua yang mempunyai anak autis. Hal tersebut menyebabkan dampak psikologis seperti ansietas dan depresi pada keluarga terutama orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap ansietas dan depresi pada keluarga yang mempunyai anak autis. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen pre post test without control group. Sebanyak 21 orang tua yang mempunyai anak autis di Sekolah Khusus Autis Harapan Utama Depok diambil sebagai responden penelitian dengan metode total sampling. Variabel dianalisis dengan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikoedukasi keluarga secara signifikan menurunkan ansietas dan depresi responden dengan nilai p 0,000 (<0,05). Hasil penelitian ini merekomendasikan perawat jiwa komunitas untuk memberikan psikoedukasi keluarga pada keluarga yang mempunyai anak autis untuk meningkatkan koping adatif sehingga dapat secara mandiri mencegah atau menurunkan ansietas dan depresi.
Kata kunci : Psikoedukasi, keluarga dengan anak autis, ansietas, depresi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Family Life with Children with Autism Spectrum Disorders (http://life.familyeducation.com/autis m/family/59199.html). Diunduh pada
Februari 2015, pukul 00:26 WIB. Friedman, Marilyn M. (2003). Family
Nursing: Research, Theory, and Practice Fifth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Friedman, Marilyn M. (2010). Buku Ajar
Keperawatan Keluarga: Riset, Teori, dan Praktik Ed. 5. Jakarta: EGC (Alih Bahasa Hamid, Achir Yani, dkk).
Fontaine Kareen Lee. (2009). Mental Health Nursing, 7th ed, New Jersy: Pearson Education, Inc.
Handoyo. (2009). Autisme Pada Anak.
Jakarta: Bineka Ilmu Popular
O’Brien, Sandra L. (2013). The Influence of Daily Stressors, Severity of Behavior Problems, Uncertainty, and Coping Strategies on Family Adaptation in Families of Adolescents with Autism Spectrum Disorders. Washington, D.C.
Potter, P.A & Perry, A.G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Alih Bahasa: Yasmin Asih. Jakarta: EGC.
Sabri, L. & Hastono, S.P. (2014). Statistik Kesehatan Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sastroasmoro, S. & Ismael, S. (2008).
Dasar-Dasar Metodologi Penelitian
Klinis Edisi 3. Jakarta: Sagung Seto. Stuart, G.W. (2013). Principles and
Practice of Psychiatric Nursing (9th edition). St Louis. Canada: Mosby.Inc. Shimodera, et al. (2012). Cost-effectiveness
of Family Psychoeducation To Prevent Relapse In Major Depression: Result From A Randomized Controlled Trial. BioMed Central Ltd.
Tomey- Alligood. (2010). Nursing Theory; Utilization and Application, Mosby Videbeck, S.L. (2011). Pychiatric Mental
Health Nursing. (3rd edition).
Philadhelpia: Lippincott Williams & Wilkin
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.696
Article Metrics
Abstract - 2372 PDF - 3659DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.696.g472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com