STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN : STUDI LITERATUR
Abstract
Konflik merupakan suatu keadaan yang dapat menimpah kepada siapa saja, dan bisa terjadi dimana saja, seperti terjadi pada area pendidikan keperawatan. Konflik yang terjadi biasanya dialami oleh mahasiswa keperawatan dengan sesama mahasiswa atau dengan lainnya. Pemilihan strategi manajemen konflik pada masalah yang terjadi antara mahasiswa keperawatan harus didasarkan atas penyebab, jenis konflik, dan dampak konflik yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi manajemen konflik yang paling tepat terhadap masalah yang terjadi pada mahasiswa keperawatan. Metode penelitian ini yakni dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian ini diketahui bahwa gaya manajemen konflik yang paling banyak digunakan yakni gaya kombinasi, sementara gaya manajemen konflik yang paling sedikit digunakan yakni gaya dominan. Gaya manajemen konflik juga dipengaruhi kecerdasan emosional, semakin rendah kecerdasan emosional, mahasiswa keperawatan cendrung menggunakan strategi menghindar. Dan semakin tinggi kecerdasan emosional, mahasiswa cendrung menggunakan strategi pengelolaan konflik dengan kompromi. Sedangkan Mediasi digunakan apabila konflik yang terjadi cenderung terbuka, maka dibutuhkan pihak ketiga untuk menyelesaikannya. Kesimpulannya bahwa strategi pengelolaan konflik pada mahasiswa keperawatan dapat digunakan sesuai dengan penyebab, jenis, dan dampak konflik yang terjadi pada mahasiswa kepewatan itu sendiri. Diharapkan agar dapat memilih dan menerapkan strategi pengelolaan konflik tersebut secara tepat ketika dihadapkan pada situasi terjadinya konflik di area pendidikan pada mahasiswa keperawatan.
Kata kunci: Strategi, Manajemen Konflik, Mahasiswa Keperawatan
Full Text:
Habibi_PDFReferences
Alimah, S., & Swasti, K. G. (2016). Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Keperawatan di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman Vol 11 No 2, 130-141.
Azmi, L. F., Rahmawati, L., Masdar, M., Nancy, M. Y., & R, M. S. (2020). Metode Pengelolaan Konflik Interpersonal. Junral Kesehatan Indra Husada Vol 8, No 1, 8-19.
Bazogul, C & Ozgur, G. Asian Nursing Research: Role of emotional intelligence in conflict management strategies of Nurses. 2015 Diakses dari www.asian-nursingresearch.com pada tanggal 16 Juni 2022.
Chan, J. C., Sit, E. N., & Lau, W. (2014). Conflict management styles, emotional intelligence and implicit theories of personality of nursing students: A cross-sectional study. Nurse Education Today 34, 934-939.
Cheng, F. K. (2015). Mediation skills for conflict resolution in nursing education. Nurse Education in Practice 15, 310-313.
Choi, H. G., & Ahn, S. H. (2021). Effects of a conflict resolution training program on nursing students: A quasi-experimental study based on the situated learning theory. Nurse Education Today 103, 1-7.
Freedman, B. D. (2019). Risk factors and causes of interpersonal conflict in nursing workplaces: Understandings from neuroscience. Collegian 26, 594-604.
Hasibuan, E. K., & Sinurait, L. R. (2020). Manajemen dan Strategi Penyelesaian Masalah dalam Pelayanan Keperawatan. Kota Malang: Ahlimedia Press.
Ibrahim, S. A. (2018). Effect of Conflict-Management Enhancing Strategy for Head Nurses on the Quality of Vertical Dyad Linkage with Nurses. International Jurnal Nurs Didact, 25-34.
Kristan, Hidayah, N., & Abidin, M. F. (2020). Strategi Manajemen Konflik Dimasa Pandemi COvid-19 Mahasiswa Keperawatan Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Vol 13 No 2, 97-102.
Leveillee, G. (2018). Exploration of Conflict Management Styles. Medical Surgical Nurses, 1-8.
Liu, H. Y., Wang, I. T., Hsu, D. Y., Huang, D. H., Chen, N. H., Han, C. Y., & Han, H. M. (2020). Conflict and interactions on interdisciplinary nursing student teams: The moderating effects of spontaneous communication. Nurse Education Today 94, 1-7.
Nasution, U. P. (2020). Efektivitas Mediasi Dalam Penyelesaian Sengketa Medis. Jurnal Widya Pranata Hukum Volume 2, Nomor 2, 91-108.
Nurwulan, N. R., Nurhayati, A., Primeradama, M., Putri, R. A., Trinita, U., & Varza, P. E. (2021). Konflik Pada Grup Diskusi Mahasiswa Saat Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan Volume 8 Nomor 2, 110-117.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat.
Wigert, H., Berg, L., Arveklev, S. H., Helme, M. M., & Lepp, M. (2021). Managing conflict situations nursing students encounter during their clinical practice, narrated and performed through Forum Play. Nurse Education in Practice 56, 1-7.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v8i1.9685
Article Metrics
Abstract - 1696 Habibi_PDF - 1297DOI (Habibi_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v8i1.9685.g4537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com