PENGARUH IKLAN DI MEDIA SOSIAL DAN POTONGAN HARGA (DISKON) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BLIBLI.COM DENGAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL FAKTUAL (Studi kasus pada pengikut akun Twitter @bliblidotcom)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan di media sosial dan potongan harga (diskon) terhadap keputusan pembelian keputusan konsumen blibli.com pada pengikut akun @bliblidotcom dengan pajak sebagai variabel faktual. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan twitter dan sebagai pengikut akun twitter @bliblidotcom dengan minimal pernah melihat iklan serta potongan harga (diskon) yang diberikan blibli.com melalui media sosial twitter. Penelitian ini menggunakan sampel yang terdiri dari 100 responden. Potongan Harga (Diskon), Iklan di Media Sosial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun bersama sama. Iklan dimedia social berpengaruh tidak signifikan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Pajak sebagai variable factual. Hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,362. Hal ini menunjukan bahwa iklan di media sosial, dan potongan harga (diskon) mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 36,2%. Sedangkan sisanya 63,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Keywords: iklan media sosial, potongan harga, keputusan pembelian.
Full Text:
PDFReferences
Baskara, I. B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Department of Management FEB UMM, 87–96.
Dewi, A. M. (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 1. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.78
Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasaan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013/2014 Konsumen Traveloka). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56(1), 1.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. In (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro.
Goya, S. (2013). Advertising on Social Media. Journal of Advertising Research, 27, 410– 418. Kotler, P, Armstrong, G., Yasin, N. M., Ariffin, A. A. M., & Jaffar, G. (2016). Prinsip pemasaran:
Philip Kotler, Gary Armstrong ; penterjemah Norjaya Mohd. Yasin, Ahmad Azmi Mohd. Ariffin ; penyunting Ghaz (13th ed.). Penerbit Erlangga. https://books.google.co.id/books?id=UECw nQAACAAJ
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). MANAJEMEN PEMASARAN, EDISI KETIGA BELAS (13th ed.). Penerbit Erlangga.
Maslakhah, I. (2017). PENGARUH KEMASAN DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP CITRA MEREK SERTA PREFERENSI MEREK DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswa/i Undip Konsumen AQUA). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 6, 1–15.
Nurfebiaraning, S. (2017). Manajemen Periklanan (1st ed.). Deepublish Publisher.
Prasetyo, D., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH IKLAN SECARA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey Pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4G LTE). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 41(1), 170–174.
Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 184–193. Samosir, B. A., & Wartini, S. (2017). Pengaruh Iklan pada Keputusan Pembelian melalui Sikap Konsumen. Management Analysis Journal, 6(3), 255. http://maj.unnes.ac.id
Siti Dira Febrina Ritonga. (2016). Pengaruh Iklan Pada Media Sosial Twitter Dan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Di Mataharimall . Com. Issn : 2442- 5826, 2(2), 422–429. Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(0032), 738–748.
Subagja, SE., MM., I. K., & Pramita, W. (2018). Pengaruh Periklanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsung. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 193–196. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.222
Sudaryono. (2015). Manajemen Pemasaran : Teori dan Implementasi (1st ed.). Andi Publisher (Andi Offset).
Sugianto Putri, C. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594.
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (26th ed.). ALFABETA, cv
Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen (1st ed.). IPB Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jmb.v10i1.4235
Article Metrics
Abstract - 9197 PDF - 5366DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jmb.v10i1.4235.g2513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.