Pengaruh Inovasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Roti Bakar 88 Kutabumi Tangerang

Dian Esha, Putra Pratama

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Roti Bakar 88 Kutabumi di Tangerang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pelanggan Roti Bakar 88 Kutabumi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non-probability sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan asumsi klasik, analisis menggunakan software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini secara parsial Inovasi Produk (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) terbukti thitung > ttabel (8,990 > 1,98498), lalu Fasilitas (X2) juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) terbukti thitung > ttabel (4,798 > 1,98498). Kualitas Pelayanan (X3) juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) terbukti thitung > ttabel (9,153 > 1,98498). Secara simultan Inovasi Produk (X1) ,Fasilitas (X2) dan Kualitas Pelayanan (X3) juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) terbukti Fhitung > Ftabel (45,155 > 2,70). Dengan persamaan nilai regresi linear berganda Y = 10,954 + 0.346 X1 + 0.191 X2 + 0.453 X3, dan nilai koefisien determinasi sebesar 57,2% dan sisanya 42,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

References


Antanegoro, RM. Y., Djasuro Surya dan Fauzi Sanusi. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, Vol.1. No.2.

Audistiana, Afifah, Muslichah Erma Widiana dan Bramastyo Kusumo Negoro. (2017). Pengaruh Aksesibilitas, Fasilitas Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Delta Fishing Sidoarjo. Jurnal Manajemen Branchmark, Vol.3. No. 3.

Amelia, Y. T. & Safitri, K. (2021). Pengaruh Kualiyas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pada Café Hangout di Sampit. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol.12. No.1.

Anggarawati, I. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Marta Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, Vol.2. No.1.

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT Gelora Aksara Pratama.

Lupioyadi, Rambat. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Lusiah, Djatmiko Noviantoro dan Adhitya Akbar. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ekonomi, Vol.24. No.2.

Michelle dan Hotlan Siagian. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Cafe Zybrick Coffee & Cantina. Jurnal AGORA, Vol.7. No.1.

Nggi, Murdi Lasriyanti dan Saino. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi di Brother dan Sister House Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol.9. No.3.

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.

Sinurat, E. S. M., Bode, L., & Ferdy, R. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA, Vol.5. No.2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jmb.v11i1.6129

Article Metrics

Abstract - 2784 PDF (Bahasa Indonesia) - 762

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.31000/jmb.v11i1.6129.g4632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.