STUDI EKSPERIMENTAL PENGUJIAN KEKASARAN PERMUKAAN DAN KEAKURASIAN DIMENSI PADA PROSES DRY MACHINING BAJA AISI 01

Riki Candra Putra

Abstract


Akhir-akhir ini proses pemesinan banyak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dan pekerja. Hal ini banyak disebabkan oleh penggunaan cairan pendingin (flood coolant) untuk mendinginkan proses pemotongan pada saat pahat memotong benda kerja.

Oleh karena itu para ilmuwan saat ini berusaha untuk mengurangi dampak-dampak yang diakibatkan oleh penggunaan cairan fluida tersebut. Salah satu metode yang digunakan adalah proses Dry Machining.

Proses Dry machining adalah proses yang dilakukan pada proses pemotongan logam tanpa menggunakan fluida pendingin/cutting fluid. Proses ini dapat menguntungkan karena dapat mengurangi biaya yang besar pada proses pemesinan. Akan tetapi dry machining dapat menimbulkan temperatur yang sangat tinggi pada benda kerja dan pahat sehingga menimbulkan kekasaran permukaan yang tinggi dan ketidak akurasian dimensi.

Percobaan dilakukan dengan menggunakan salah satu jenis proses pemesinan yaitu proses pembubutan, dengan menggunakan benda kerja AISI O1 pada kekerasan yang tinggi dan pahat CBN. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kekasaran permukaan yang terjadi dan keakurasian dimensi yang dicapat pada benda kerja.

Hasil yang didapat dari percobaan ini yaitu didapat tingkat kekasaran permukaan yang halus dan tingkat keakurasian dan penyimpangan atau variasi dimensi hingga 0.011 mm. Manfaat yang dapat diambil dari percobaan ini adalah digunakannya dry machining sebagai dasar pertimbangan dalam menentukan metode alternatif pemotongan logam yang tepat guna.


Full Text:

PDF

References


ST., MT, Wiyono Slamet. Proposal penelitian “Pengembangan model empiris untuk memprediksi kekasaran permukaan pada finish hard turning”. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jurusan Teknik Mesin. 2005.

Wiyono Slamet, AS Danardono, Kiswanto Gandjar. Pengaruh parameter pemesinan terhadap kualitas permukaan baja DF-3 (AISI O1) yang dikeraskan. JURNAL TEKNOLOGI Universitas Indonesia, Edisi No.3, tahun XIX, September 2005, 179-265.

Shefelbine Wendy and Dornfeld A., David. The Effect of Dry machining on burr size, the Journal of Consortium

and Edge Finishing. University of California, Berkeley. 2004.

Hartanto Agus. Tugas Akhir., Analisa pengujian umur pahat dan kekasaran permukaan pada benda kerja ST 42. Universitas Mercubuana, Jurusan Teknik Mesin. 2003.

Amstead, B.H. 1990. Teknologi Mekanik, Jakarta. Erlangga.

Corus Engineering Steels. Cold work tool steel to AISI O1. http://www.corusnz.com/downloads/Toolsteel_AISIO1.pdf#search=’AISI%20O1’

Ozel Tuqrul and Karpat Yigit. Predictive modeling of surface roughness and tool wear in hard turning using regression and nural networks. Int., Journal of machine toolds and manufacture 45 (2005) 467-479. University of New Jersey. 2004

http://www.mothersontools.com/cbn_hard_steel_adv.thm

Feng, C, Shaw. Hattor, Mitsuro. Cost and Process Information Modelling for Dry Machining. Manufacturing Engineering Laboratory NIST, DoC and AIST, MITI.

Graham Don, Huddle Dave and McNamara Dennis. Feature Article – Machining Dry is Worth A Try. Fro MMS Online TM. 2005.

Ozel Tuqrul, Hsu Kong-Tsu, and Zeren Erol. Effect of cutting edge geometry, workpiece hardness, feed rate and cutting speed on roughness and forces in finish turning of hardened AISI H13 steel. Intl J Adv Manuf Technol page 25:262-269 . University of New Jersey. 2005.

Soroka, P, Daniel. Hard Turning and the machine tool, Hardinge Inc., 2003.

Metal Handbook. Heat treating cleaning and finishing. Eighth edition. Volume 2. American Society for Metal (ASM)

Web master www.kyocera.com

[15] Http://global.kyocera.com/prdct/tool/ceratip/repert/CBN.html

Ariani Wahyu Dorothea. Pengendalian kualistas statistik (Pendekatan kuantitatif manajemen kualitas). Penerbit ANDI Yogyakarta. 2004.

Rochim, T. Teori dan Teknologi Proses Pemesinan, Laboratorium Teknik Produksi dan Metrologi Industri, Jurusan Teknik Mesin, FTI, ITB, Bandung. 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v1i2.1457

Article Metrics

Abstract - 950 PDF - 1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.