SISTEM PENGENDALI KONVEYOR BELT PADA PT. XYZ TANGERANG

Sumardi Sadi

Abstract


Sistem kendali conveyor belt pada PT. XYZ merupakan alat untuk memindahkan suatu produk yang dihasilkan dari bagian produksi ke gudang penyimpanan. Sistem konveyor banyak digunakan diberbagai macam industri, baik industry kecil maupun besar, yang tentetunya konveyor tersebut sebagai pengangkut dan pemindah barang pada suatu proses produksi. Dalam penelitian ini metode yang di gunakan adalah dengan cara mengamati dan mempelajari sistem kontrol dari conveyor belt tersebut beserta alatnya berupa motor , gearbox dan inverter yang diatur di dalam panel box untuk membawa box produk yang berisi produk dari suatu proses produksi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan dalam 1 hari conveyor belt tersebut dapat membawa kurang lebih 600 Dus (tempat produk) pada speed inverter 28-32 Rpm yang berisi hasil produksi dari bagian produksi ke gudang, dibandingkan dengan membawa manual yang membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang kuat. Dengan adanya konveyor, membuat perusahaan menjadi efektif dan efisien dalam membawa dan menata hasil produksi.
 
Kata Kunci: Conveyor, Sistem Kontrol, Motor, Gear Box, Panel Box

Full Text:

PDF

References


Muchsin, Ismail. Pusat Pengembangan Bahan Ajar-UMB Elektronika & Motor Listrik. ELETRONIKA & MOTOR LIST ELETRONIKA & MOTOR.

Mohamad Yamin, Widyo Purwoko. Perencanaan Gear Box Dan Analisis Statik Rangka Conveyor Menggunakan Software CATIA V5. Muslimin, Zaenab. Pengontrolan Motor Induksi Tiga Fasa dengan Inverter Berbasis Mikrokontroler AT89S51, Universitas Hasanuddin, 2009.

Triyono, Modul Dasar Sistem Kontrol, Teknik Elektro FT-UMT, 2014.

Manual book, Rubber Belt Conveyor Ass’y, PT. Hwang So Engineering, 2009-2010.

Data Sheet Inverter.

Data Sheet Sensor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v1i2.1458

Article Metrics

Abstract - 1876 PDF - 3525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.