PERENCANAAN KESEIMBANGAN LINI (LINE BALANCING) UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI LINTASAN KERJA PERKAITAN ELEVATOR PADA PT HYUNDAI ELEVATOR INDONESIA

Hermanto Hermanto

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk memperbaiki keseimbangan lini pada perakitan elevator PT Hyundai Elevator Indonesia dengan menggunakan metode line balancing. Satu metode yang digunakan yaitu metode Metode Rangked Positional Weights (RPW),. Pada penelitian ini peneliti mengusulkan perbaikan keseimbangan lini untuk meningkatkan efisiensi lintasan pada perakitan elevator di PT Hyundai Elevator Indonesia. Setelah peneliti melakukan pengolahan data dengan menggunakan metode line balancing yang diusulkan, penulis dapat menarik kesimpulan dari metode line balancing perhitungan dengan menggunakan metode kill - bridge Weston heuristic (KWH), dengan balace delay sebesar 4%, smoothing indeks 35 menit dan efisiensinya 96%  Sehingga hasil yang di dapat bisa sebagai perencanaan keseimbangan lini untuk meningkatkan efisiensi kerja pada PT Hyundai Elevator Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ginting, Rosnani. 2007. Sistem produksi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gaspersz, Vincencent. 2004. Production Planning and inventory Control Berdasarkan Pendekatan Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufacturing 21, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kusuma, Hendra. 2001. Manajemen Produksi-Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Jakarta: Andi offset.

Liker, jeffry K. 2006. The Toyota Way – 14 Prinsip Manajemen Dari Perusahaan Manufaktur Terhebat Di Dunia, Jakarta: Erlangga. Bandung.

Purnomo, Hari. 2004. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutalaksana, Iftikar Z. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja, Bandung: ITB Wignjosoebroto, Sritomo. 2008. Ergonomi Study Gerakan dan Waktu, Surabaya: Guna widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v8i1.1581

Article Metrics

Abstract - 1303 PDF - 1378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.