ANALISIS STRATEGI PEMASARAN OBAT BATUK PROSPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT PADA PT. SOHO GLOBAL HEALTH

Hermanto Hermanto

Abstract


HasilprosespenelitiananalisisSWOTyangada diPT.SOHOGlobalHealth menjelaskanbahwa produkprospanberada pada tahapGrowthOriented Strategi dengan Peluang 1,77 dan kekuatan2.08.Inimerupakansituasiyang baik dimana perusahaanmemilikikekuatansehinggadapatmemanfaatkanpeluangyang adahingga perusahaandapattumbuhberkembang denganbaikdandapatmemasarkanproduk Prospan tersebutdipasaran obatekpektoran diIndonesia. Jadidapatdisimpulkanyang diperoleh dari penelitianiniadalahBerdasarkan hasilujivaliditas diperolehsoftware SPSS16dapatdiketahuibahwakeseluruhanrespondenyangditelitisebanyak30dari

14indikatordinyatakan100%valid,makadapatdikatakanbahwarhitung lebihbesar darirtabel.Daritabeldiatasalphacronbachyangdiperolehdiatas0,80yaitusebesar

0,893makadatatersebutdikatakanreliable(baik).Faktor-faktoryang mempengaruhi kesuksesan PT. SOHOGlobal Healthdilihat dari faktor-faktor internalkekuatan, produkyang mengandung bahanaktifektrakherbaldaunivy,didukungbanyakstudi klinis, dan citraperusahaanyangbaik didalam memasarkan obat-obat berbahan herbal. Faktor internalkelemahan adalah tidak adanyakemasan tablet/bentukkapsul, harga yang  relatif  premium  dan  keyakinan  dokter  akan  obat-obat  alami  (herbal)  masih lemah.Faktoreksternalpeluang adalahpasar(konsumen)mulaiaktifmencariobat- obatanyang amanyang berbahan dasar herbaldan belumbanyaknya beredar obat herbaldenganreputasifarmasi.Faktoreksternalancamanadalahkegiatanpromosi yang aktifdaripesaing (kompetitor)danobat-obatekpektoranberbahankimiasudah banyak tersedia diIndonesia. 

KataKunci:SWOT,BobotFaktorInternal  &Eksternal,Rating,AnalisisFaktor, MatrikSWOT.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v5i1.339

Article Metrics

Abstract - 2326 PDF - 2460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.