RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD KELAS 6 BERBASIS ANDROID PADA SDN CIMONE 1 TANGERANG
Abstract
Matematika merupakan ilmu yang mencakup aplikasi yang luas dalam aspek kehidupan. Oleh karena itu inovasi dalam pembelajaran dan strategi pembelajaran matematika perlu dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi pembelajaran matematika yang mampu melatih pengetahuan, keterampilan dan ketepatan dengan cara yang lebih menarik, berupa penggunakan sistem berbasis android. Aplikasi ini dibuat dengan metode SDLC (System Development Life Cycle) yaitu metode yang memaparkan siklus hidup pengembangan sistem informasi. Hasil perancangan pertama yaitu aplikasi Pembelajaran Matematika kelas VI SD yang berisi menu materi, yaitu cara penyelesaian soal atau contoh soal, yang berisi materi diantaranya : Bilangan bulat, Satuan debit, Menghitung luas dan volume, Pecahan, Pengolahan data, dan system koordinat. Isi aplikasi yang kedua yaitu menu latihan soal berisi kumpulan soal matematika pilihan ganda yang menjadi bahan latihan, yang nanti dapat menjadi sebuah aplikasi untuk evaluasi kemampuan siswa dibidang matematika. Isi aplikasi yang ketiga yaitu menu penggunaan aplikasi berisi informasi tentang cara menggunakan aplikasi untuk mempermudah siswa dalam menjalankannya. Isi aplikasi yang keempat yaitu menu tentang berisi informasi tentang aplikasi pembelajaran matematika. Isi aplikasi yang kelima yaitu menu keluar berfungsi untuk keluar dari aplikasi pembelajaran matematika.
Kata kunci : Berbasis Android, Matematika, SDLC (System Development Life Cycle), Kelas VI SD, Aplikasi Pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v6i1.374
Article Metrics
Abstract - 1261 PDF - 1232Refbacks
- There are currently no refbacks.